Info Singkil

Singkil Jadi Pusat Moda Transportasi Tiga Kepulauan

Mengusulkan pengembangan pelabuhan pelayaran Aceh Singkil, yang selama ini melayani pelayaran ke Pulau Banyak, Simeulue dan Nias.

Singkil Jadi Pusat Moda Transportasi Tiga Kepulauan
SERAMBINEWS.COM/IST
Headshot Kadis Perhubungan Edi Hartono 

SERAMBINEWS.COM, SINGKIL - Kabupaten Aceh Singkil, diusulkan jadi pusat moda transportasi tiga daerah kepulauan. Masing-masing Pulau Banyak, Simeulue dan Kepulauan Nias.

Usulan itu akan disampaikan kepada Kementerian Perhubungan. Langkah itu sebagai upaya mewujudkan Aceh Singkil sebagai pusat segitiga pertumbuhan (growth triangle) Singkil-Simeulue dan Nias.

Kepala Dinas Perhubungan Aceh Singkil, Edi Hartono, Senin (8/4/2019) mengatakan usulan tersebut dipresentasikan di Kementerian Perhubungan pada 29 April.

"Sesuai agenda presentasi diikuti Dinas Perhubungan Aceh, Pemko Gunung Sitoli, Kepulauan Nias dan Pemkab Simeulue yang difasilitasi Balai Pengembangan Transportasi Darat Wilayah I Aceh," kata Edi Hartono.

Baca: Berpotensi Menyuburkan Zina dan Aborsi, Emak-emak di Aceh Tolak RUU Penghapusan Kekerasan Seksual

Baca: PNS di Dinas PUPR Aceh Ditemukan Meninggal Tergantung di Rumahnya

Baca: Pengunjuk Rasa Menolak Tambang Audensi dengan Wakil Bupati dan Dewan

Menurut Edi Hartono dalam persentasi di kementerian pihaknya akan mengusulkan pengembangan pelabuhan pelayaran Aceh Singkil, yang selama ini melayani pelayaran ke Pulau Banyak, Simeulue dan Nias.

Salah satunya menambah kapasitas pelabuhan agar bisa disandari kapal roro minimal kapasitas 1.000 GT. Kemudian pembangunan fasilitas penunjang lainnya.

"Penetapan Singkil menjadi pusat moda transportasi tiga kepulauan juga upaya mendukung pengembangan Pulau Banyak sebagai destinasi wisata unggulan Aceh," ujar Edi.(Diskominfo)

Penulis: Dede Rosadi
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved