Ribuan Pelajar Gelar Zikir Bersama

Sebanyak 3.100 pelajar kelas IX SMP/MTs se-Kota Banda Aceh, Senin (8/4) menggelar zikir bersama

Ribuan Pelajar Gelar Zikir Bersama
SERAMBI/M NASIR YUSUF
WALI Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banda Aceh, Saminan Ismail, berdialog dengan trio siswa SMP peserta zikir akbar di halaman Masjid Raya Baiturrahman, Senin (8/4). 

* Persiapan Menghadapi UN

BANDA ACEH - Sebanyak 3.100 pelajar kelas IX SMP/MTs se-Kota Banda Aceh, Senin (8/4) menggelar zikir bersama di halaman Masjid Raya Baiturrahman. Zikir bersama itu sebagai persiapan menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs yang serentak digelar 22 April 2019.

Para pelajar yang didampingi dewan guru terlihat bersimpuh di bawah payung dan sebagian di lantai terbuka di pinggiran kolam air mancur di masjid termegah itu, dengan tangan menengadah ke atas dan mulutnya terus mengucapkan kalimat-kalimat tauhid. Semuanya larut dalam zikir.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman yang juga ikut dalam kegiatan itu mengharapkan dengan zikir ini para pelajar akan diberikan kemudahan dalam menjawab soal-soal ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang dilaksanakan serentak mulai 22 April 2019 mendatang. “Kami berharap, para siswa Banda Aceh bisa lulus dengan nilai terbaik, sehingga bisa melanjutkan pendidikannya ke sekolah yang lebih berkualitas baik di Banda Aceh atau di luar Banda Aceh,” katanya.

“Anak-anakku semua sudah berusaha secara maksimal untuk menghadapi ujian nasional ini. Namun, untuk mencapai keberhasilan itu, usaha dan kerja keras saja tak cukup. Juga harus dibekali dengan doa,” tegas Aminullah didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banda Aceh, Dr Saminan Ismail.

Karena itu, Wali Kota meminta kepada pelajar agar memanfaatkan sisa waktu yang tak sampai dua minggu lagi itu untuk terus belajar. Belajar dan mengulang pelajaran yang sudah diajarkan sebelumnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Dr Saminan Ismail mengatakan, ujian nasional yang akan berlangsung 22-26 untuk jenjang SMP/MTs di Banda Aceh seluruhnya akan menggunakan sistem komputerisasi.

Karena itu, Saminan berharap pada UNBK SMP/MTs tahun 2019 ini, selain sukses pelaksanaan, juga yang penting adalah sukses hasil. “Kami berharap para siswa tidak hanya sekadar dinyatakan lulus pada UNBK, tapi mereka bisa mendapat nilai-nilai bagus hingga bisa melanjutkan pendidikannya ke sekolah-sekolah terbaik,” katanya.

Selain mengikuti doa dan zikir bareng tersebut, Wali Kota juga melakukan dialog dengan tiga pelajar, dua perempuan dan satu laki-laki. Dalam dialog yang berlangsung di bawah panasnya matahari pagi itu, para pelajar pada prinsipnya sangat mendukungan adanya doa bersama yang digelar halaman masjid terbesar di Tanah Rencong ini.

“Kami sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kota yang telah memfasilitasi kami untuk mengikuti doa dan zikir sebelum masa pelaksanaan UN yang akan berlangsung 22 April 2019 mendatang,” kata Ilham Khalik, salah seorang siswa.

Sedangkan dua siswi lainnya, selain mengucapkan terima kasih, juga mereka berharap dengan mengikuti zikir ini, nilai Ujian Nasionalnya akan lebih maksimal.(sir)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved