Tiga Kabupaten Peringati HUT

Tiga kabupaten di barat selatan Aceh meliputi Kabupaten Aceh Jaya, Nagan Raya, dan Aceh Barat Daya (Abdya)

Tiga Kabupaten Peringati HUT
Serambi
Pejabat Forkopimda Aceh Jaya dan para peserta upacara memperingati HUT Ke-17 Aceh Jaya di Calang, Aceh Jaya, menggunakan pakaian adat Aceh. Rabu (10/4/2019). SERAMBINEWS.COM/RISKI BINTANG 

* Aceh Jaya, Nagan Raya, dan Abdya

SUKA MAKMUE - Tiga kabupaten di barat selatan Aceh meliputi Kabupaten Aceh Jaya, Nagan Raya, dan Aceh Barat Daya (Abdya) pada Rabu (10/4), serentak menggelar upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-17 di tempatnya masing-masing. Ketiga kabupaten ini resmi berdiri usai dimekarkan dari kabupaten induk pada 10 April tahun 2002 silam.

Peringatan HUT Ke-17 Nagan Raya berlangsung meriah di Alun-alun Kompleks Perkantoran Suka Makmue. Tampil sebagai inspektur upacara, Bupati Nagan Raya, M Jamin Idham. Upacara itu semakin semarak dengan kejutan ucapan selamat ulang tahun dari personel Brimob dan Polres Nagan Raya yang datang mendadak menggunakan mobil Baracuda sambil membawa kue ulang tahun yang disertai banner ucapan selamat.

Kapolres Nagan Raya, AKBP Giyarto kemudian menyuapkan potongan kue ulang tahun kepada Bupati M Jamin Idham yang dipandu oleh seorang polwan yang disaksikan unsur Forkopimda lainnya, sembari disahuti yel-yel dari anggota TNI.

“Momentum Dirgahayu Nagan Raya Ke-17 ini, kita harapkan terus memperkokoh tekad dan semangat juang kita untuk terus membangun di semua sektor pembangunan, sebagai upaya mengantarkan Kabupaten Nagan Raya sebagai kabupaten yang mandiri, sejahtera, adil, dan makmur,” ungkap Bupati M Jamin Idham. Pada kesempatan itu, Bupati kembali menegaskan, kalau pembangunan Masjid Nurul A’la atau Masjid Giok menjadi salah satu program prioritasnya. “Pembangunan Masjid Giok merupakan salah satu prioritas kita tahun ini, di samping beberapa program unggulan lainnya, seperti pemberdayaan ekonomi masyarakat, pengentasan kemiskinan, pendidikan, dan kesehatan,” tegas M Jamin Idham.

HUT Abdya
Di tempat lain, upacara peringatan HUT Ke-17 Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tahun 2019 dipusatkan di halaman kantor bupati setempat, Kompleks Perkantoran Pemkab Abdya di Desa Keude Paya, Blangpidie. Pada kegiatan itu, Wakil Bupati (Wabup) Abdya, Muslizar MT bertindak sebagai inspektur upacara (irup) dengan komandan upacara dipercayakan kepada Lettu Inf Rustam K, Danki E Yonif 115/Macan Lauser yang bermarkas di Suak, Kecamatan Setia.

Turut hadir, Bupati Akmal Ibrahim SH, Ketua DPRK Zaman Akli SSos, Dandim 0110 Letkol Arm Iwan Aprianto SIP, Kapolres AKBP Moh Basori, Kajari Abdur Kadir SH MH, Ketua PN Blangpidie Zulkarnain SH MH, Sekda Drs Thamrin, ketua dan anggota MPU, MPD dan MAA, kepala SKPK, pimpinan BUMN/BUMD, pimpinan instansi vertikal, dan para undangan lainnya.

Tak ketinggalan, sejumlah mantan Pj Bupati Abdya, seperti Baharuddin SSos, Drs HT Burhanuddin Sampee, mantan Wabup Syamsurizal, dan mantan Ketua DPRK, M Yusuf. Sedangkan, peserta upacara terdiri dari, personel TNI/Polri, Satpol PP dan WH, anggota Korpri, Tagana, KNPI, RAPI, dan Pramuka.

Wabup Muslizar MT dalam amanatnya mengatakan, Kabupaten Abdya telah memasuki usia 17 tahun dan sudah berhasil meraih kemajuan. Indikatornya, sebut dia, selama dua terakhir ini saja Pemkab Abdya berhasil mendapat banyak penghargaan. “Pemerintah di bawah kendali Bupati Akmal Ibrahim dan Wabup Muslizar MT ini selalu melayani masyarakat dengan hati, hati-hati, dan tidak sesuka hati, serta yang lebih penting tidak berbagi hati,” ucapnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Jaya juga melaksanakan upacara peringatan HUT Ke-17 kabupaten itu di halaman kantor bupati setempat, kawasan Desa Keutapang, Kecamatan Krueng Sabee, Rabu (10/4). Peringatan ultah kali ini agak unik dan berbeda dari biasanya, karena seluruh Forkopimda dan pejabat daerah hadir dalam balutan busana adat Aceh. Pantauan Serambi, tidak hanya para pejabat pemerintahan saja, seluruh pegawai yang menjadi peserta upacara juga tampak menggenakan pakaian adat, kecuali personel TNI/Polri, dan anggota Satpol PP dan WH.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB menegaskan komitmennya untuk menjalankan program pro-rakyat, sehingga lahirnya pemerataan pembangunan dan kesejahteraan di kabupaten itu. “Hari ini, Pemkab Aceh Jaya memperingati HUT yang ke-17. Kalau bahasa anak muda, itu sweet seventen. Pada tahun ke-17 ini, Pemerintah Aceh Jaya akan terus mencoba memberikan pelayanan dan pembangunan Aceh Jaya yang lebih baik dan lebih maju lagi ke depannya,” tukas Irfan TB.

Karnaval
Pada bagian lain, dalam rangka memeriahkan HUT Ke-17, Pemkab Aceh Jaya mengadakan karnaval yang diikuti 45 kontingen dari SKPK, kecamatan, dan sejumlah sekolah. Kegiatan yang dipusatkan di kawasan Desa Sentosa, Kecamatan Krueng Sabee ini mendapat atensi masyarakat Aceh Jaya yang berbondong-bondong memadati pinggir jalan yang dilewati rombongan karnaval. “Kita start dari sini (Desa Sentosa) dan finish di kawasan Pantai Cleopatra, Desa Dayah Baroe,” jelas Kabag Humas Pemkab Aceh Jaya, Safrizal kepada Serambi, Rabu (10/4). (c45/nun/c52)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved