Enam PT Wakili Aceh Ikut Debat Nasional

Enam perguruan tinggi (PT) Aceh keluar sebagai juara pada Lomba National University Debating Championship

Enam PT Wakili Aceh Ikut Debat Nasional
Foto Unsyiah.ac.id

BANDA ACEH - Enam perguruan tinggi (PT) Aceh keluar sebagai juara pada Lomba National University Debating Championship (NUDC) Tingkat Wilayah Tahun 2019 yang diselenggarakan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XIII Aceh. Para pemenang berhak mewakili Aceh dalam lomba serupa di tingkat nasional Juli mendatang.

Keenam PT yang meraih kejuaraan itu adalah Universitas Syiah Kuala Banda Aceh juara I, Universitas Almuslim, Bireuen juara II, dan Politeknik Negeri Lhoksemawe juara III. Dewan juri juga menetapkan juara harapan I, II, dan III masing-masing diraih Universitas Malikussaleh, STKIP Bina Bangsa Getsempena, dan Universitas Samudera Langsa.

Debat yang diikuti utusan puluhan perguruan tinggi se-Aceh itu berlangsung Senin-Rabu, 8-10 April 2019 di Aula Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh.

Kepala Bagian Akademik dan Sumber Daya LLDikti Wilayah XIII, Drs M Najib MPd berharap para mahasiswa yang telah menjuarai lomba itu agar terus belajar sungguh-sungguh untuk meningkatkan kemampuan saat mengikuti lomba di tingkat nasional nantinya. “Harap dicamkan bahwa debat yang diselenggarakan di daerah sangat berbeda dengan yang diselenggarakan oleh nasional. Persaingannya lebih kompetitif,” kata Najib.

Menurut Najib, LLDikti Aceh merencanakan event-event debat seperti ini akan digelar setiap tahun. Oleh karenanya, mahasiswa diimbau untuk bersungguh-sungguh mempersiapkan diri dan mengasah terus kemampuannya dalam debat bahasa Inggris. “Ke depan akan kita gelar juga debat khusus berbahasa Indonesia,” ujarnya.

Najib juga mengimbau seluruh pimpinan PTN/PTS yang ada di Aceh agar terus mendukung program-program mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan bahasa Inggris mereka, dengan dukungan yang baik dari pihak PT. “Ini otomatis akan meningkatkan motivasi mahasiswa dalam menjadikan kampus yang lebih bermartabat,” tegas Najib.

Ia berharap, mahasiswa yang akan mengikuti debat tingkat nasional Juli nanti agar tetap semangat dan terus berusaha mendapat hasil yang maksimal.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri NUDC, Rachmad Nurcahyo membeberkan tujuan diadakannya debat tersebut adalah untuk meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi melalui debat ilmiah.

Ia mengimbau agar semua mahasiswa berpikir kritis, analitis, sehingga mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. (dik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved