Universitas Teuku Umar Dapat Bantuan Pendirian Inkubator Bisnis Teknologi dari Menristekdikti

UTU mendapat bantuan Rp 150 juta untuk biaya operasional persiapan pendirian IBT di UTU tahun 2019.

Universitas Teuku Umar Dapat Bantuan Pendirian Inkubator Bisnis Teknologi dari Menristekdikti
IST
UNIVERSITAS TEUKU UMAR 

Laporan Rizwan | Meulaboh

SERAMBINEWS. COM, MEULABOH - Rektor Universitas Teuku Umar (UTU), Prof Dr Jasman J Ma'ruf menghadiri kick off meeting program pengembangan kelembagaan Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) sekaligus penandatangan perjanjian kerja sama swakelola fasilitasi pendirian IBT di Hotel JW Marriott Surabaya, Kamis (11/4/2019) malam.

Dalam rilis yang diterima diterima Serambinews.com dari UTU dijelaskan, dalam perjanjian itu UTU mendapat bantuan Rp 150 juta untuk biaya operasional persiapan pendirian IBT di UTU tahun 2019.

Baca: VIDEO - Tuntutannya Dipenuhi, Mahasiswa Pendemo Tolak Izin PT EMM Kembali ke Kampus

Baca: Fenomena Ustadz Abdul Somad di Indonesia jadi Pembahasan Seminar di Universitas Monash Australia

Baca: Bupati Aceh Besar Siap Dukung Pembangunan Kampus II Unsyiah, Luas Areal Mencapai 2.572 hektare

Kegiatan tersebut dihadiri pimpinan 28 kampus yang lolos sebagai pendirian dan pengembangan lembaga Inkubator Bisnis Teknologi di bawah naungan Kemenristekdikti serta dibuka Patdono Suwignjo, Dirjen Kelembagaan Riset dan Dikti Kemenristekti.

Patdono mewakili Menristekdikti dalam pengarahannya, program ini adalah satu program unggulan Dikti karena lingkungan inkubasi bisnis yang lebih luas yang kondusif terhadap pengembangan UKM secara berkelanjutan dan pembinaan pertumbuhan bisnis di kalangan kampus.

Rektor UTU, Prof Jasman J Ma'ruf (dua dari kiri) didampingi ketua tim pendiri UTU, Dr Mursyidin (kanan) bersama Patdono Suwignjo, Dirjen Kelembagaan Riset dan Dikti di Surabaya, Kamis (11/4/2019).
Rektor UTU, Prof Jasman J Ma'ruf (dua dari kiri) didampingi ketua tim pendiri UTU, Dr Mursyidin (kanan) bersama Patdono Suwignjo, Dirjen Kelembagaan Riset dan Dikti di Surabaya, Kamis (11/4/2019). (FOR SERAMBINEWS.COM)

Perguruan tinggi adalah institusi sebagai proses pengembangan kewirausahaan, ekonomi, dan sosial yang dilakukan baik oleh masyarakat atau sektor swasta, dan untuk dirancang untuk mendampingi suatu gagasan, atau wirausaha pemula melalui program pendukung bisnis yang komprehensif dalam membangun dan mempercepat pertumbuhan dan keberhasilan pelaku bisnis khususnya pengusaha pemula.

Rektor UTU Jasman menyampaikan bangga karena UTU telah terpilih 5 perguruan tinggi yang lolos sebagai pendirian Inkubator Bisnis Teknologi baru dari 19 perguruan tinggi seluruh Indonesia yang mendaftarkan diri.

"Satu satunya perguruan tinggi di sumatera sebagai kampus yang lolos sebagai program pendirian IBT dikemenristekdikti, dengan lolos ini, UTU mendapat bantuan pendirian IBT 150 juta untuk tahun 2019. Dengan lolos ini, sekarang UTU akan menjadikan kampus sebagai pusat bisnis dan teknologi di pantai barat selatan Aceh," katanya.

Baca: Antara Hoax dan Fakta Soal Kasus Penganiayaan Siswi SMP Oleh Siswi SMA di Pontianak

Baca: Peti Mati Mesir Kuno yang Dikenal Simpan Banyak Kutukan Dibuka dan Disiarkan Langsung

Baca: Pangeran Saudi Dituntut Karena Menunggak Biaya Pengobatan Anak Penderita Penyakit Langka

Ketua TIM Pendirian IBT UTU, Mursyidin, didampingi anggota tim, Dedy Darmansyah, menyampaikan bahwa dengan telah ditetapkan UTU menjadi bagaian dari Ikatan Inkubator Bisnis Indonesia (IIBI) maka UTU akan menjadikan sebagai kampus Source of Inspiration, maka sudah seharusnya menumbuh kembangkan sebagai kampus pusat inovatif dan kewirausahaan kepada lulusan dan masyarakat pengguna.

"Sehingga UTU memberikan manfaat kepada stakeholder yang relevan dan pembuat Kebijakan. Kegiatan ini dilanjutkan dengan program pelatihan selama 3 hari yang diikuti seluruh anggota Inkubator masing masing perguruan tinggi, " tutur Wakil Rektor III UTU Meulaboh ini.(*)

Penulis: Rizwan
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved