50 Spesialis Obgin Aceh Dibekali Skill Menangani Tiga Penyakit Infeksi pada Ibu Hamil

Seminar sehari itu membahas tiga penyakit infeksi yang sangat membahayakan ibu hamil (bumil) yakni HIV, Hepatitis, dan Sipilis.

50 Spesialis Obgin Aceh Dibekali Skill Menangani Tiga Penyakit Infeksi pada Ibu Hamil
Dok: POGI
Suasana seminar kehamilan yang diselenggarakan Pokja Infeksi dan Penyakit Menular Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Pusat, Minggu (14/4/2019) di Kyriad Hotel, Banda Aceh. 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Sebanyak 50 dokter spesialis obgin dari 23 kabupaten/kota di Propinsi Aceh mengikuti seminar kehamilan yang diselenggarakan Pokja Infeksi dan Penyakit Menular Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Pusat, Minggu (14/4/2019) di Kyriad Hotel, Banda Aceh.

Seminar sehari itu membahas tiga penyakit infeksi yang sangat membahayakan ibu hamil (bumil) yakni HIV, Hepatitis, dan Sipilis.

Ketua Pokja Infeksi POGI, Dr dr Alamsyah SpOG(K) mengatakan, skill dalam menangani tiga penyakit itu (triple eliminasi) sangat penting mengingat semakin tingginya kasus infeksi terutama HIV dan Hepatitis.

Bumil yang terinfeksi dapat menularkan penyakit tersebut ke bayi yang dilahirkannya. “Malah penyakit sifilis juga dilaporkan ada di Aceh,” ujarnya.

“Ibu hamil dengan hepatitis, 80 persen bayinya berisiko tertular bila tidak diterapi. Hal ini akan fatal bagi tumbuh kembang bayi nantinya, begitu juga dengan kasus HIV yang berisiko menjadi AIDS,” tambahnya.

Selain Dr dr Alamsyah SpOG(K) dari Universitas Padjadjaran (Unpad), dua pemateri ikut mengisi seminar kehamilan tersebut yaitu dr Nusril Bernolian SpOG(K) dari Universitas Sriwijaya (Unsri), dan Dr dr Cut Meurah Yeni SpOG(K) dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). 

Sementara Ketua Departemen Obgin FK Unsyiah, Prof Dr dr Mohd Andalas SpOG   yang membuka seminar tersebut menekankan pentingnya pemeriksaan terhadap ibu hamil. 

“Sudah saatnya kita memeriksa semua ibu hamil terkait penyakit ini, karena akan berbahaya bagi generasi penerus bangsa. Bila perlu pemeriksaan dilakukan jelang mereka pranikah,” tukasnya.(*)

Baca: Baim Wong Disomasi Manajemen Artis, Sebab Tak Membayar Uang Hak Senilai Rp1 Miliar

Baca: Studi : Separuh Dari Pelaku Perdagangan Manusia Adalah Perempuan, Yang Juga Jadi Korban

Baca: Pemerintah Australia Sebut Tak Beri Perlindungan Khusus Untuk Julian Assange

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved