Begini Metode Quick Count yang akan Dilakukan Kesbangpol Banda Aceh

Menurutnya setelah semua data diinput, maka otomatis rekapitulasi suara sementara (quick count) untuk satu kota akan didapatkan.

Begini Metode Quick Count yang akan Dilakukan Kesbangpol Banda Aceh
For Serambinews.com
Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman memberikan penjelasan saat berada di Desk Pemilu Kantor Kesbangpol Banda Aceh, Senin (15/4/2019). 

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Proses rekapitulasi suara sementara (quick count) pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) Rabu, 17 April 2019 di Kota Banda Aceh yang akan dilakukan desk pemilu di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Banda Aceh, yakni berpedoman pada formulir C1.

"Quick count pemilihan presiden, DPR, DPD, DPRA, dan DPRK yang kita lakukan berdasarkan formulir C1 di masing-masing TPS. Setelah difoto oleh petugas kita langsung menerima kiriman via WhatsApp untuk selanjutnya diinput ke dalam sistem," kata Kepala Badan Kesbangpol Banda Aceh, T Samsuar saat menerima kunjungan Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman ke desk pemilu di Kantor Badan Kesbangpol Banda Aceh, Senin (15/4/2019).

Menurutnya setelah semua data diinput, maka otomatis rekapitulasi suara sementara (quick count) untuk satu kota akan didapatkan.

“Hasilnya akan langsung kami kirim kepada wali kota dan jajaran terkait," ungkap Samsuar, seraya mengharapkan dukungan penuh dari semua pihak.

Baca: Wali Kota Kunjungi Desk Pemilu di Kantor Kesbangpol Banda Aceh, Ini Harapannya  

Baca: Klarifikasi Salah Hitung Quick Count Prabowo Menang di Pilpres 2014, Karni Ilyas: Bukan tvOne

Baca: Unggul Hasil Quick Count Pilgub Jabar 2018, Ridwan Kamil Langsung Bersujud dan Ucapkan Sumpah

Sebelumnya Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, meminta Desk Pemilu Banda Aceh untuk menghasilkan data rekapitulasi suara sementara (quick count) Pemilu 2019 secara cepat dan akurat.

"Akurasi kita harapkan bisa sama dengan KIP. Dari sisi waktu juga harus cepat, kalau bisa kita yang pertama. Untuk itu saya minta semua petugas di sini bekerja all out," pinta wali kota saat meninjau kesiapan desk pemilu di Kantor Badan Kesbangpol Banda Aceh.

Untuk menghasilkan rekap suara secara cepat dan akurat, ditekankan pentingnya proses input data.

Wali Kota Banda Aceh ini juga mengingatkan rekapitulasi suara sementara yang dihasilkan desk pemilu hanya untuk internal Pemko Banda Aceh, bukan untuk tidak dipublikasi.

Karena yang menjadi pedoman bagi publik tersebut tetap hasil resmi dari KIP, tegas Aminullah. (*)

Penulis: Misran Asri
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved