KIP Imbau Pemilih Bawa KTP ke TPS

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat meminta kepada semua pemilih di kabupaten itu untuk membawa

KIP Imbau Pemilih Bawa KTP ke TPS
Dok KIP Aceh
Komisioner KIP Aceh, Munawarsyah memberikan materi sosialisasi 

MEULABOH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat meminta kepada semua pemilih di kabupaten itu untuk membawa kartu tanda penduduk (KTP) atau surat keterangan (suket) ke ketika ingin melakukan pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS). “Pemilih harus membawa indentitas untuk memastikan kebenaran terhadap pemilih,” kata Ketua KIP Aceh Barat, T Novian Nukman di sela-sela pendistribusian logistik Pemilu 2019 di gudang KIP setempat, Minggu (14/4).

Menurut Novian, indentitas tersebut memastikan kebenaran pemilih sehingga tidak terjadi penyalahgunaan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga pihak KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) pun akan lebih pasti terhadap indentitas pemilih. “Dengan indentitas kependudukan maka bisa diverifikasi,” ujarnya.

KIP kembali mengimbau, warga untuk datang ke TPS pada 17 April guna menggunakan hak suara mereka dengan baik menurut pilihan masing-masing. Terhadap surat suara yang akan dicoblos oleh pemilih, sebutnya, terdiri dari lima lembar yakni DPRK, DPRA, DPR-RI, DPD-RI, serta calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres).

Sementara itu, KIP Aceh Barat pada Minggu kemarin, mulai mendistribusi logistik Pemilu 2019 dari gudang mereka ke kecamatan. Pada hari itu, didistribusi untuk enam kecamatan dan pada Senin hari ini, kembali didistribusi untuk enam kecamatan lain. Pendistribusian logistik Pemilu 2019 ini turut dikawal ketat aparat kepolisian bersenjata lengkap dan diawasi Panwaslih setempat.

Logistik yang didistribusi sudah dimasukkan dalam kotak suara seperti suara suara dan jenis lain. Jumlah kotak suara sebanyak 3.296 buah dengan rincian untuk 628 TPS sebanyak 3.140 buah (masing-masing TPS sebanyak 5 buah), dan selebihnya masing-masing 13 kotak ke kecamatan. Selain itu, juga didistribusi sebanyak 2.512 buah bilik suara yakni rincian masing-masing TPS sebanyak 4 buah bilik suara.

Amatan Serambi, kemarin, proses distribusi dihadiri Ketua KIP, T Novian Nukman dan dua Komisioner, Sabki Mustafa Habli dan Basri, serta Ketua Panwaslih Aceh Barat, Romi Juliansyah. Sedangkan, pengamanan pendistribusian dipimpin Kabag Ops Polres Aceh Barat, Kompol Masril. Pendistribusian logistik itu menggunakan sejumlah truk.

Ketua KIP Aceh Barat, Novian Nukman mengatakan, sejauh ini pelaksanaan tahapan Pemilu 2019 di Aceh Barat berjalan lancar dan pihaknya mulai mendistribusikan logistik ke pusat kecamatan. “Nanti, dari kecamatan logistik ini akan didistribusikan lagi ke desa-desa,” ujarnya.(riz)

Tags
KIP
TPS
KTP
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved