Warga Aceh Barat Ini Ditangkap Polisi, Diduga Jual Beli Satwa Dilindungi

Polres Aceh Barat, Sabtu (13/4/2019) malam menangkap lima warga kabupaten itu dalam kasus dugaan perdagangan atau jual beli satwa dilindungi..

Warga Aceh Barat Ini Ditangkap Polisi, Diduga Jual Beli Satwa Dilindungi
SERAMBINEWS.COM/RIZWAN
Lima tersangka kasus satwa dilindungi diamankan di Mapolres Aceh Barat,  Senin (15/4/2019). 

Warga Aceh Barat Ini Ditangkap Polisi, Diduga Jual Beli Satwa Dilindungi

Laporan Rizwan |Meulaboh

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Polres Aceh Barat, Sabtu (13/4/2019) malam menangkap lima warga kabupaten itu dalam kasus dugaan perdagangan atau jual beli satwa dilindungi jenis beruang madu. 

Sedangkan pelaku utama yang menangkap hewan tersebut masih diburu polisi dan seekor beruang madu yang menjadi barang bukti (BB) berhasil diamankan.

Baca: Peraih Mendali PORA XIII Bener Meriah Terima Bonus

Baca: Bupati Aceh Besar Tinjau Layanan Puskesmas Pulo Aceh, Ini Harapan Mawardi Ali

Baca: Jelang Pemilu 2019, Persiraja Liburkan Pemain

Keberhasilan pengungkapan kasus pidana perdagangan satwa dilindungi dikatakan Kapolres Aceh Barat, AKBP Raden Bobby Aria Prakasa SIK melalui Kasat Reskrim, Iptu M Isral SIK kepada wartawan dalam konfrensi pers di Mapolres setempat, Senin (15/4/2019). 

Turut hadir Wakapolres Kompol Edy S dan KBO Reskrim, Iptu P Pangabean serta Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sektor Aceh Barat, Zulkarnain.

Dalam kesempatan itu, polisi memperlihatkan lima warga asal Aceh Barat yakni J (43), B (45), I (40), MD (44) dan Id (42) yang sudah ditetapkan tersangka dalam kasus satwa dilindungi.  

Kapolres melalui Kasat Reskrim menjelaskan penangkapan pelaku berawal laporan masyarakat diduga terlibat jual beli satwa dilindungi dan dalam kasus ini seekor beruang madu berhasil diamankan yang kini sebagai barang bukti (BB). 

Terkait penangkapan ini pelaku disangkakan melanggar Undang-Undang tentang Konservasi Sumber Daya Alama Hayati dan Ekosistemnya dengan ancaman paling lama 5 tahun penjara dan denda Rp 100 juta. 

Dikatakannya, pelaku yang ditangkap ini mereka terlibat jual beli, sedangkan pelaku utama yang menangkap beruang ini di kawasan hutan di Kecamatan Johan Pahlawan kini masih diburu polisi.

 “Pelaku utama sudah kita kantongi namannya. Kini masih kita cari untuk ditangkap. Sejauh ini jumlah tersangka sebanyak 5 orang,” kata Kasat Reskrim Polres Aceh Barat.(*)

Seekor beruang madu sebagai barang bukti (BB) yang diamankan dalam kasus pengungkapan satwa dilindungi diamankan di Mapolres Aceh Barat, Senin (15/4/2019).

 
Seekor beruang madu sebagai barang bukti (BB) yang diamankan dalam kasus pengungkapan satwa dilindungi diamankan di Mapolres Aceh Barat, Senin (15/4/2019).   (SERAMBINEWS.COM/RIZWAN)
Penulis: Rizwan
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved