538 Penghuni Tiga Rutan di Pidie Terancam Tidak Bisa Mencoblos, Ini Sebabnya

Sebanyak 538 orang penghuni di tiga lokasi rumah tahanan (rutan) dan lembaga pemasyarakatan (lapas) di Kabupaten Pidie terancam tidak bisa mencoblos

538 Penghuni Tiga Rutan di Pidie Terancam Tidak Bisa Mencoblos, Ini Sebabnya
SERAMBINEWS.COM/NUR NIHAYATI
Sekira 339 pemilih di Rumah Tahanan Kelas IIB Sigli terancam golput pada Pemilu 17 April 2019. 

538 Penghuni Tiga Rutan di Pidie Terancam Tidak Bisa Mencoblos, Ini Sebabnya

Laporan :  Nur Nihayati | Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Sebanyak 538 orang penghuni di tiga lokasi rumah tahanan (rutan) dan lembaga pemasyarakatan (lapas) di Kabupaten Pidie terancam tidak bisa mencoblos alias Golput.

Sehingga mereka tidak dapat menggunakan hak pilihnya untuk calon legislatif maupun calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilu, 17 April 2019.

Baca: Jelang Pencoblosan, Bawaslu Aceh Tamiang Berhentikan Lima Pengawas

Baca: Jelang Ramadhan 1440 H, Dewan Ingatkan PLN dan PDAM tidak Bermasalah

Baca: Beredar Kabar Pemilih Harus Bawa Foto Kopi KTP Ke TPS Saat Pencoblosan, Ini Penjelasan KIP Aceh

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie, Muhammad Ali kepada Serambinews.com, di Gedung Meusapat Ureueng Pidie, Selasa (16/4/2019) mengatakan, untuk pemilih di rutan maupun lapas seharusnya masuk dalam Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb).

"DPTb untuk sementara tidak ada. Artinya ketersediaan surat suara tidak ada. Dari KPU RI tidak mencetak lagi surat suara untuk DPTb, alasannya DPTb ada di DPT. Sampai sekarang tidak ada surat suara DPTb," ujar Muhammad Ali.

Untuk itu, ia mengaku sudah mengusul kekurangan surat suara itu ke KPU sebelumnya. Tapi hingga Selasa (16/4/2019) belum ada informasi untuk tambahan DPTb bagi pemilih di Rutan maupun Lapas di Pidie.

"Keputusan Nomor 600 surat suara yang dihitung di TPS DPT tambah 2 persen. Tidak ada untuk DPTb," ujar Muhammad Ali. 

Sementara itu, tiga lokasi penghuni rutan terancam golput yakni di Rutan Benteng sebanyak 339 orang, Rutan Kota Bakti berjumlah 114 orang dan Lapas Perempuan di Tibang, Pidie sebanyak 85 orang.  Jadi total 538 orang. 

Di tempat terpisah, Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Benteng Kelas IIb Kota Sigli, Mukhtar SH mengatakan, pihak siap melakukan melakukan Pemilu di Rutan Benteng.

"Cuma sampai Selasa (16/4) belum ada kotak suara dan kertas suara dikirimkan oleh pihak KIP kepada kami, kami sudah mempersiapkan tempat,"  kata Mukhtar.(*)

Penulis: Nur Nihayati
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved