Terminal Baru Balohan Mulai Dioperasikan

atu dari dua unit gedung terminal baru Pelabuhan Balohan Sabang mulai dioperasikan sebagai ruang tunggu

Terminal Baru Balohan Mulai Dioperasikan
SERAMBI/MASRIZAL
SEJUMLAH pekerja sedang mengerjakan proyek pembangunan dan revitalisasi Pelabuhan Balohan, Sabang 

BANDA ACEH - Satu dari dua unit gedung terminal baru Pelabuhan Balohan Sabang mulai dioperasikan sebagai ruang tunggu penumpang kapal yang datang dan berangkat. “Gedung baru terminal pelabuhan yang dioperasikan sementara itu adalah gedung terminal untuk penumpang kapal feri,” kata Deputi Tehnik Pengembangan dan Tata Ruang Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Fauzi Umar yang didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan dan Revitalisasi Pelabuhan Balohan, M Okto Rizki kepada Serambi, Senin (15/4).

Gedung baru untuk penumpang kapal cepat itu, kata Fauzi, difungsikan untuk sebagai ruang tunggu penumpang. Hal ini disebabkan terminal untuk penumpang kapal cepat, yang berada di sisi kiri gedung penumpang kapal lambat, pembangunannya belum selesai. Progres realisasi program pembangunan fisiknya baru 40 persen.

Fauzi menambahkan, proyek pembangunan dan revitalisasi Pelabuhan Penyeberangan Balohan Sabang ini ditargetkan rampung akhir Desember 2019. Pelaksanaan pembangunan pelabuhan ini, dimulai 25 Juni 2018 lalu dengan perkiraan anggaran sekitar 215,429 miliar, dari pagu anggrannya Rp 221 miliar.

Pelabuhan Terminal Balohan yang baru, memiliki areal seluas 4,5 hektar3, empat kali lipat dari luas areal pelabuhan yang lama hanya 1 hektar. Pelabuhan yang baru akan memiliki areal parkir yang luas dan dan taman yang indah dan cantik. Lapangan parkirnya, akan ditata sebaik mungkin, untuk menciptakan keindahan yang baru dan berkelanjutan.

Di taman areal parkirnya, akan ditanami berbagai jenis bunga yang akan membuat para penumpang kapal lambat dan cepat yang mau pulang atau baru tiba, memberikan keasan yang indah, dan sulit untuk dilupakan.

Pembangunan pelabuhan ini, kata Fauzi Umar, menggunakan anggaran APBN murni dengan sitem kotrak multi years atau tiga tahun dari, 2017-2019. Sedangkan sasaran utama dari pembangunanya adalah tersedianya infrastruktur Pelabuhan Penyeberangan yang layak, modern dan memadai di Kota Sabang.(her)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved