Anggaran KIP tak Masuk KUA-PPAS

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah MT merespons keluhan Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP)

Anggaran KIP tak Masuk KUA-PPAS
Serambi
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah 

* Sudah Gelontorkan Rp 7 Miliar

BANDA ACEH - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah MT merespons keluhan Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh yang menyebutkan bahwa hingga saat ini Pemerintah Aceh tidak membantu anggaran untuk penyelenggaraan Pemilu 2019 di Aceh.

Nova mengakui, anggaran untuk KIP Aceh memang tidak masuk dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) sehingga anggarannya tidak ikut dialokasikan oleh Pemerintah Aceh.

“Memang, kalau anggaran, kita tidak masukkan waktu itu dalam KUA-PPAS di 2018, karena anggaran tahun 2019 harus masuk ke sana (2018),” kata Nova Iriansyah didampingi Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak, Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko, Kajati Aceh Irdam MH di Pendapa Gubernur Aceh sebelum berangkat meninjau kesiapan pelaksanaan Pemilu 2019 di Pidie, kemarin.

Meski tidak masuk dalam rancangan anggaran, Nova komit untuk membantu KIP Aceh menyukseskan Pemilu 2019. Nova mengaku, sudah bicara langsung dengan Ketua Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) terkait hal itu. “Termasuk mobil dinas sudah disiapkan, kita sudah berkomitmen untuk membantu. Surat terakhir sudah saya disposisi yang segera bisa dieksekusi itu bantuan mobil,” kata Nova.

Seperti diberitakan kemarin, Ketua KIP Aceh, Dr Samsul Bahri dalam konferensi pers kepada awak media, Senin (15/4) mengeluh dan mengaku kecewa kepada Pemerintah Aceh lantaran hingga saat ini, tak ada bantuan apa pun yang digelontorkan Pemerintah Aceh kepada KIP Aceh untuk kesuksesan pemilu.

“Kita minta dana, bantuan transportasi, kemudian kita minta kantor yang lebih bagus, minta tanah untuk bisa bangun kantor KIP, semuanya itu sampai hari ini tidak ada kabar. Kami sebenarnya kecewa, tapi tetap harus bersinergi,” keluh Samsul Bahri.

Terkait bantuan tanah untuk pembuatan kantor KIP Aceh yang baru, kata Nova Iriansyah kepada Serambi kemarin, bantuan tanah sebenarnya sudah dipenuhi oleh Pemerintah Aceh beberapa tahun lalu. “Tapi posisi tanahnya saat itu kurang sesuai dengan keinginan KIP. Skema untuk bantuan tanah ini, tanah dari kita, bangunan dari APBN,” katanya.

Nova memastikan, pihaknya akan melakukan sharing bantuan pemerintah dalam waktu dekat kepada KIP Aceh. “Harus masuk dalam rencana anggaran sebelumnya dan insyaallah ke depan akan terealisasi,” pungkas Nova Iriansyah.

Terpisah, Asisten I Setda Aceh, Dr M Jafar MHum bersama Karo Humas dan Protokoler Setda Aceh, Rahmad Raden, Kepala Biro Tata Pemerintahan, Syakir, Kepala Biro Umum, Akmil, Jubir Pemerintah Aceh, Wiratmadinata, menggelar konferensi pers di Kantor Gubernur Aceh, untuk menjawab keluhan KIP Aceh.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved