Pemkab Seleksi Pejabat Baru

Pemkab Aceh Utara sudah melakukan seleksi atau uji kesesuaian (job fit) terhadap 11 pejabat baru

Pemkab Seleksi Pejabat Baru
IST
WAKIL Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf bersama dua Wakil Pimpinan DPRK, Abdul Mutaleb MAP dan Zubir HT meneken berita acara persetujuan APBK 2019 di Gedung dewan setempat 

* Untuk Mengisi Kekosongan Jabatan

LHOKSUKON – Pemkab Aceh Utara sudah melakukan seleksi atau uji kesesuaian (job fit) terhadap 11 pejabat baru, untuk mengisi kekosongan delapan jabatan eselon II yang sudah lama kosong. Proses tersebut meliputi rekam jejak dan wawancara.

“Proses rekam jejak itu dilakukan untuk melihat latar belakang pendidikan, pengalaman, kemampuan, dan pelatihan yang sudah pernah diikuti. Mereka juga sudah dilakukan wawancara oleh tim panitia seleksi (pansel) yang dibentuk bupati,” kata Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf kepada Serambi, Selasa (16/4).

Disebutkan, pansel tersebut berjumlah tujuh orang yang terdiri dari unsur pemerintahan tiga orang, akademisi (2) dan dari kalangan profesional 2 orang. Pansel tersebut diketuai Sekdakab Aceh Utara, Abdul Aziz. “Proses job fit sudah kita lakukan pada akhir Maret lalu. Sedangkan saat ini dalam proses evaluasi dan penetapan hasil,” ujar Fauzi Yusuf.

Pansel, kata Wabup, akan mengevaluasi terhadap 11 pejabat itu. Setelah diperoleh hasilnya, kemudian akan disampaikan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Jika sudah mendapatkan rekomendasi dari KASN, pejabat yang sudah mendapat rekomendasi dilangsung dilantik untuk menempati posisi yang kosong.

Namun, jika tidak sesuai yang dibutuhkan, kata Wabup, bisa jadi mereka akan dikembalikan ke posisi jabatannya. “Kita targetkan, jika proses ini selesai dalam waktu dekat, pejabat baru tersebut akan dilantik sebelum Ramadhan untuk mengisi posisi jabatan di dinas yang sudah mendesak. Karena berhubungan dengan pelayanan langsung kepada masyarakat,” katanya.

Ditambahkan, untuk jabatan yang masih kosong, karena pergeseran pejabat ini, atau karena belum ada yang sesuai akan dibuka lelang kembali untuk umum.

Seperti diketahui, delapan jabatan untuk pejabat eselon II hingga Selasa (16/4) masih lowong di Pemkab Aceh Utara. Enam diantaranya kepala dinas, dan staf ahli. Bahkan, pada Juli mendatang akan bertambah satu lagi yaitu jabatan Kepala Bappeda karena Zulkifli akan memasuki masa pensiun.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Aceh Utara, Syarifuddin kepada Serambi Selasa (16/4) menyebutkan, setelah proses job fit selesai, direncanakan akan dibuka lelang untuk umum direncanakan pada Mei mendatang. “Kalau dibuka lelang, jadi bukan hanya pejabat Aceh Utara yang bisa mengikutinya, tapi semua pejabat di kabupaten/kota lain di Aceh,” ujar Syarifuddin.

Ditambahkan, sebelum job fit, pihaknya sudah menyampaikan surat permintaan izin dan juga berkonsultasi awal dengan Komisi ASN. Proses pelelangan juga sama dengan dua tahun lalu. Karena, Pemkab Aceh Utara juga sudah pernah melakukan pelelangan jabatan eselon dua pada Oktober 2017.(jaf)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved