KIP: Itu Hanya Persoalan Klasik

SECARA terpisah, Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Akmal Abzal mengakui, dalam pelaksanaan Pemilu 2019

KIP: Itu Hanya Persoalan Klasik
ANTARA FOTO/RAFIUDDIN ABDUL RAHMAN
Sejumlah Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) KBRI Kuala Lumpur di Malaysia, Minggu (14/4/2019). Wakil Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Krishnan K.U Hannan mengatakan sebanyak 80 sehingga 90 persen dari 1,5 juta WNI di seluruh Malaysia mengikuti Pemilu serentak 2019 lebih awal dari 17 April 2019 mendatang di Indonesia. *** Local Caption *** PEMILU 2019 DI KUALA LUMPUR MALAYSIA (ANTARA FOTO/RAFIUDDIN ABDUL RAHMAN) 

SECARA terpisah, Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Akmal Abzal mengakui, dalam pelaksanaan Pemilu 2019 di Aceh ada persoalan-persoalan yang muncul di lapangan. Namun, katanya, persoalan yang terjadi hanya persoalan klasik, tidak terlalu berarti.

“Alhamdulillah tidak ada kendala yang menggangu, namun tak bisa dipungkiri ada persoalan klasik, seperti tertukarnnya surat suara antara dapil, ada yang tercecer, dan ada DPT yang belum ditempel,” kata Akmal kepada awak media, Kamis (18/4).

Berbagai persoalan yang terjadi pada hari pencoblosan, kata Akmal, langsung teratasi saat itu juga. Menurutnya, PPS langsung melapor ke PPS dan PPK pun lansung berkoordinasi dengan komisioner.

“Semuanya langsung dilapor. Jadi tidak sempat stagnan. Sempat ada suratsuara yang tertukar, yang kurang, namun setelah dilakukan koordinasi semuanya langsung teratasi,” ujar Akmal Abzal.

Secara keseluruhan, katanya, perhelatan Pemilu 2019 di Aceh berlangsung aman dan lancar. Hingga saat ini, pihaknya mengaku tidak menerima adanya laporan gangguan seperti kerusuhan yang dapat mengganggu tahapan.

“Bahwa ada riak-riak kecil kami menganggap itu normatif, yang paling penting animo dan antusias masyarakat datang ke TPS sangat tinggi. Secara nasional target 75 persen tapi untuk level Aceh insya Allah akan melebihi target KPU,” pungkasnya. (dan)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved