Petugas Linmas Rusak Surat Suara Pakai Cinci

PANWASLIH Aceh juga merekomendasikan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 12, Gampong Blang Pase, Kecamatan Langsa Kota

Petugas Linmas Rusak  Surat Suara Pakai Cinci
For serambinews.com
Barang bukti berupa surat suara dan cincin dari gantungan kunci yang digunakan petugas Linmas TPS 12, Gampong Blang Pase, Kecamatan Langsa Kota. Foto dari Facebook 

PANWASLIH Aceh juga merekomendasikan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 12, Gampong Blang Pase, Kecamatan Langsa Kota. Seorang petugas linmas dengan sengaja merusak surat suara menggunakan cincin.

“Petugas Linmas itu merusak surat suara menggunakan ring cincin yang dibuat khusus dari gantungan kunci yang dipakai di jarinya,” ungkap Komisioner Panwaslih Aceh, Marini, kepada Serambi, Jumat (19/4).

Menurut keterangan Marini, petugas Linmas tersebut ikut membuka dan memegangi surat suara saat dilakukan penghitungan suara. Disebutkan, ada sembilan surat suara yang berhasil dicoblos ulang oleh petugas Linmas tersebut.

Akibatnya, lima surat suara DPRK rusak, tiga surat suara dianggap sah tetapi menghilangkan suara caleg lain. “Satu surat suara lagi juga dianggap sah, karena dicoblos di partai yang sama, meski dilakukan pada nama caleg,” ujar Marini.

Petugas Linmas tersebut, lanjut Marini, saat diklarifikasi mengakui perbuatannya. Dia juga mengaku merupakan tim sukses salah satu caleg dari partai nasional. “Saat ini prosesnya sudah di Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu,” demikian Marini.(yos)

rekomendasi psu
- TPS 97 Gampong Matang Ulim Kecamatan Baktya, Aceh Utara
- TPS 03 Gampong Lam Bheu, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar
- TPS 08, Gampong Keuramat, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh
- TPS 06, Gampong Lamtemeun Timur, Banda Aceh
- TPS 01 Gampong Meunasah Mesjid, Muara Dua, Lhokseumawe
- TPS 38 Gampong Meunasah Cut Lhokseumawe
- TPS 12 Gampong Cinta Maju, Kabupaten Gayo Lues
- TPS 12, Gampong Blang Pase, Kecamatan Langsa Kota

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved