Haji Uma Kecewa Penderita Bocor Jantung Dirujuk ke Medan

Anggota DPD RI, Sudirman alias Haji Uma, kecewa karena pasien penderita bocor jantung di Desa Kampung Baru

Haji Uma Kecewa Penderita Bocor Jantung Dirujuk ke Medan
Dok: Haji Uma
Haji Uma menyambut kedatangan M Arkan di Jakarta untuk proses pengobatan lanjutan, Minggu (17/3/2019). 

KUTACANE - Anggota DPD RI, Sudirman alias Haji Uma, kecewa karena pasien penderita bocor jantung di Desa Kampung Baru, Kecamatan Semadam, Aceh Tenggara (Agara), Muhammad Fatan, dirujuk ke RSU Adam Malik Medan.

Menurutnya, hal itu justeru memberatkan pihak keluarga pasien. Sebab sudah pasti RSU tersebut tidak bisa menangani Muhammad Fatan dan selanjutnya akan dirujuk ke RSU Jantung Harapan Kita, Jakarta. Tetapi masalahnya, biaya keberangkatan ke Jakarta tidak ditanggung.

“Seharusnya, RSU Sahudin Kutacane lebih mengedepankan untuk di rujuk Ke RSU Zainoel Abidin Banda Aceh, karena Aceh memiliki intensif bagi rakyatnya yang berobat. Ini merupakan kelalaian pihak RSU yang tidak memanfaatkannya dan ini jelas-jelas melanggar undang-undang nomor 36 tahun 2009,” ujar Haji Uma kepada Serambi, Sabtu (20/4).

Ia menilai, banyak pihak rumah sakit yang tidak memanfaatkan kekhususan Aceh dan selalu berdalih dengan asumsi yang tidak logis. “Ini harus menjadi perhatian khusus pihak Dinas Kesehatan Aceh untuk mengevaluasi kinerja di RSU Sahuddin Kutacane,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris RSU Sahudin Kutacane, Budi Afrizal SKM MKM, mengatakan, dirujuknya pasien penderita penyakit bocor jantung ke Medan, kemungkinan karena permintaannya sendiri. “Kalau mereka ingin dirujuk ke RSU Zainoel Abidin Banda Aceh, kita siap merujuknya,” imbuhnya.(as)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved