Jelang Ramadhan, Kemenag Aceh akan Pantau Hilal di Delapan Lokasi

pengamatan hilal nantinya terbuka untuk masyarakat umum dan mengajak masyarakat untuk menyaksikan pengamatan Hilal awal Ramadhan

Jelang Ramadhan, Kemenag Aceh akan Pantau Hilal di Delapan Lokasi
ist
Ilustrasi Rukyatul Hilal. 

Jelang Ramadhan, Kemenag Aceh akan Pantau Hilal di Delapan Lokasi

Laporan Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah atau 2019 Masehi, Badan Hisab Rukyat (BHR) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh akan melakukan pengamatan atau Rukyatul Hilal awal Ramadhan.

Pengamatan akan dipusatkan di Gedung Pusat Observatorium Teungku Chiek Kuta Karang Lhoknga, Aceh Besar, Minggu, 5 Mei 2019 mendatang, bertepatan dengan 29 Sya'ban 1440 Hijriah.

Kakanwil Kemenag Aceh, Drs HM Daud Pakeh, Minggu (21/4/2019) mengatakan, selain di pusat Observasi Hilal Aceh di Lhoknga, pengamatan hilal juga dilaksanakan di Aceh Utara - Lhokseumawe, yaitu di Bukit Poly komplek Perta Arun gas / bukit cot semen muara dua.

Baca: PA Kuasai Suara Sementara DPRA di Lhokseumawe, Disusul Gerindra, Ini Rincian Suara Caleg dan Parpol

Gunung Cring Cran, Aceh Jaya, Pantai Suak Geudeubang, Aceh Barat, Pantai Lhok Keutapang,  Aceh Selatan, pantai nancala, kecamatan teupah barat, simeulue.

Kemudian Tugu Kilometer nol Indonesia, Sabang dan pantai Ujong Manggeng, Aceh Barat Daya.

"Untuk tingkat Provinsi, Kemenag Aceh akan memantau Hilal di Pusat Observatium hilal Tgk Chik Kuta Karang Lhoknga pada 5 Mei, dan hasilnya nanti akan kami laporkan kepada Menteri Agama sebagai bahan pertimbangan dalam Sidang Itsbat penentuan awal Ramadan 1440 H," ujar Kakanwil.

Baca: Muhammad Ikram Zamzami, Mahasiswa Aceh yang Kritis di Mesir Meninggal Dunia

Meski secara perhitungan, Ramadhan 1440 H diperkirakan jatuh pada Senin, 6 Mei 2019, dan juga sudah ada ormas yang telah menetapkan awal Ramadan 1440 H pada hari tersebut.

Namun, Kemenag Aceh menghimbau kepada masyarakat untuk penetapan 1 Ramadhan 1440 H tetap menunggu keputusan Menteri Agama yang akan ditetapkan dalam sidang itsbat.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved