Kepala Sekolah Harus Tangguh

Sebanyak 80 kepala sekolah (kepsek) yang telah dilantik harus tangguh dalam menghadapi berbagai persoalan

Kepala Sekolah Harus Tangguh
Serambi
Sekretaris Daerah (Sekda) Pidie Jaya, Drs H Abd Rahman Puteh SE MM,menyerahkan SK tugas kepada seorang dari 80 kepala sekolah saat mutasi jabatan di kabupaten itu, Kamis (18/4/2019). SERAMBINEWS.COM /IDRIS ISMAIL 

* Sekda Pijay Keluarkan Peringatan

MEUREUDU - Sebanyak 80 kepala sekolah (kepsek) yang telah dilantik harus tangguh dalam menghadapi berbagai persoalan yang dihadapi di sekolah masing-masing. Peringatan itu dikeluarkan Sekda Pidie Jaya (Pijay), Drs H Abdul Rahman Puteh SE MM, Sabtu (20/4) dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan.

Abdul Rahman menjelaskan ada tiga hal penting yang harus dijalankan oleh seluruh kepala sekolah, terutama koordinasi dengan berbagai pihak terkait. “Setelah dilantik, para kepala sekolah harus mampu berkoordinasi dengan unit kerja masing-masing, terutama Dinas Pendidikan,” katanya.

Disebutkan, sebuah tim kerja yang tangguh harus dibentuk, mulai dari dewan guru sampai orang tua murid. Dia berharap para kepala sekolah harus melakukan koordinasi ataupun konsultasi, khususnya dengan Dinas Pendidikan maupun lembaga Tekhnis lainnya.

Dia juga berharap selama melaksanakan tugas selalu menjaga iklim selalu kondusif, khususnya pada proses belajar mengajar. Menurut dia, pemerintah meyakini, bila hal tersebut mampu dilaksanakan, maka upaya peningkatan mutu pendidikan akan tercapai, sebagaimana yang diharapkan semua pihak, kualitas pendidikan meningkat.

Disebutkan, kepala sekolah selaku pimpinan pada organisasi harus mampu memberi teladan, baik bagi guru, maupun pada peserta didik. Dia juga berharap agar selalu ada prakarsa atau ide kreatif dalam memajukan pendidikan di masing-masing sekolah.

“Para kepala sekolah harus memberikan dorongan dan arahan kepada guru, tenaga kependidikan maupun siswa untuk berprestasi lebih baik, sehingga dapat membanggakam bagi daerah, baik tingkat Aceh maupun nasional nantinya,” harapnya Kepala SMP Terbaik

Kepala SMPN 3 Langsa, Sopian MPd, terpilih sebagai kepala sekolah terbaik dalam pemilihan guru, kepala sekolah, pengawas, kepala tata usaha dan tenaga pustaka berprestasi. Mulai dari tingkat TK, SD, SMP se-Kota Langsa 2019, yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

Kepala SMPN 3 Langsa tersebut akan mewakili Kota Langsa pada even pemilihan kepala sekolah berprestasi tingkat provinsi, yang akan berlangsung pada 26 April 2019 mendatang.

Sopian MPd, Sabtu (20/4) mengatakan terpilihnya dirinya sebagai kepala sekolah terbaik tidak terlepas dari peran dan dukungan semua pihak, khususnya para dewan guru dan siswa.

“Ini bukanlah kemenangan pribadi, namun kemenangan keluarga besar SMPN 3 Langsa, karena berkat kerja keras siswa dan dewan guru yang tidak mengenal lelah, sehingga memberikan yang terbaik bagi dunia pendidikan, khususnya di Kota Langsa”, ujarnya.

Sopian menambahkan, prioritas dalam even ini bukanlah hasil juara, namun semangat dan dedikasi sebagai pengajar. “Kita berharap, ke depan semua guru dapat memberikan yang terbaik bagi para siswa, karena masa depan bangsa dan negara ada di pundak generasi muda ini,” sebutnya.

Dia juga mengharapkan dukungan dari semua pihak, baik dari wali siswa dan komite sekolah maupun pihak lainnya, mendapat hasil menggembirakan pada tingkat provinsi nantinya.

“Karena pada even di Banda Aceh, bukan untuk membawa nama pribadi ata sekolah, tetapi saya membawa nama Kota Langsa, bahkan kita memiliki impian bisa ‘go international’” tutup Sopian.(c43/zb)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved