Pemko akan Pasarkan Produk Unggulan UMKM

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, memastikan Pemerintah Kota (Pemko) akan mendukung keberadaan

Pemko akan Pasarkan Produk Unggulan UMKM
ANTARA /IRWANSYAH PUTRA
WALI KOTA Banda Aceh Aminullah Usman (kedua kanan) menyerahkan sembako kepada warga saat pasar murah di Banda Aceh, Sabtu (20/4). Pasar murah yang digelar Pemerintah Kota Banda Aceh tersebut menjual sembako dengan harga Rp1.500 - Rp7.000, lebih rendah dari harga pasar guna mengantisipasi kenaikan harga menjelang bulan Ramadan. 

BANDA ACEH - Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, memastikan Pemerintah Kota (Pemko) akan mendukung keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menangan (UMKM) di Banda Aceh. Pemko juga akan membantu memasarkan produk-produk unggulan karya para perajin UMKM.

Hal ini disampaikan Wali Kota saat membuka pasar murah, Sabtu (20/4) di halaman pusat perbelanjaan Barata Banda Aceh. Di pasar murah yang digelar Pemko melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota itu bukan hanya menyediakan barang pokok bagi kebutuhan masyarakat jelang Ramadhan, juga disediakan space bagi UMKM menjual produk-produknya.

Ada 100 produk UMKM yang dijual di lokasi pasar murah. Wali Kota juga berkesempatan melihat langsung dan ikut berbelanja produk-produk unggulan tersebut. Menurutnya, dengan terus tumbuh dan berkembangnya sektor UMKM akan berdampak pada menurunnya angka pengangguran dan kemiskinan.

“Pemko terus mendorong UMKM agar angka pengangguran bisa turun. Dalam dua tahun, angka pengangguran turun menjadi 7,29 persen dari sebelumnya 12 persen. Kedepan kita ingin menurunkan hingga di bawah 3 persen,” ungkap Wali Kota.

Pasar murah yang digelar di halaman pusat perbelanjaan Barata Banda Aceh mendapatkan antusiasme tinggi dari masyarakat kota. Warga yang ingin berbelanja sudah terlihat memadati lokasi.

“Saya lihat antusias warga sangat tinggi. Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan tolong tambah alokasi untuk subsidi tahun depan. Kalau antusias warga seperti ini, perlu kita tambah subsidi tiga kali lipat untuk tahun depan,” pinta Aminullah kepada Kadis Koperasi, UMK dan Perdagangan Kota, T Iwan Kesuma yang juga hadir di lokasi acara.

Pasar murah yang digelar Pemko Banda Aceh dalam rangka menyambut bulan Ramadhan menyediakan sejumlah barang pokok, seperti gula pasir, minyak goreng spesial kemasan, tepung dan telur dengan harga lebih murah dari harga pasar.

Pantauan di lapangan, setelah disubsidi, warga bisa menebus gula pasir dengan harga Rp 11.000/kg, tepung Rp 6500/kg dan minyak goreng spesial kemasan isi 2 liter dengan harga Rp 24.000. Sedangkan telur dapat ditebus masyarakat dengan harga Rp 31.000 per papannya karena telah disubsidi 200 per butir.

Selain di halaman Barata, pasar murah juga akan digelar di dua lokasi lainnya, yakni di halaman Masjid Baitussalihin Ulee Kareng, Minggu (21/4) dan di depan Taman Makam Pahlawan, Kecamatan Baiturrahman, Senin (22/4).(aji)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved