Dipicu Cuaca Panas, Dua Hektare Lahan Rumbia di Teubang Phui Montasik Terbakar

Proses pemadaman lahan rumbia, petugas pemadam dari BPBD Aceh Besar ikut dibantu oleh personel Polsek dan koramil serta warga masyarakat

Dipicu Cuaca Panas, Dua Hektare Lahan Rumbia di Teubang Phui Montasik Terbakar
SERAMBINEWS.COM/IST
Lahan Rumbia di Teubang Phui Montasik Terbakar. 

Laporan Misran Asri I Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Cuaca panas yang terjadi belakangan ini rawan terjadi musibah kebakaran, terutama kebakaran lahan dan hutan.

Peristiwa kebakaran lahan dan hutan (karhutla) kali ini kembali terjadi di Aceh Besar, menimpa 2 Ha lahan yang dipenuhi batang rumbia di Desa Teubang Phui, Kecamatan Montasik, Senin (22/4/2019).

Informasi yang baru diperoleh Serambinews.com, Selasa (23/3/2019) siang, disebutkan proses pemadaman api yang membakar lahan rumbia itu berlangsung cukup lama.

Mulai pertama diperoleh informasi kebakaran lahan itu sekitar pukul 17.30 WIB, api baru sepenuhnya dikuasai sekitar pukul 22.00 WIB.

Baca: Update Suara Partai di Bener Meriah, Golkar Berjaya, Disusul PKB dan Gerindra, Ini Jumlah Lengkapnya

Baca: Warga Bener Meriah yang Tenggelam di Krueng Peusangan, Ditemukan Meninggal Dunia

Baca: Hari Kedua UNBK di Simuelue Berlangsung Lancar

"Mulai pukul 17.30 WIB, informasi ada kebakaran lahan rumbia di Gampong Teubang Phui, baru pukul 22.00 WIB pemadaman selesai dilakukan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Aceh Besar, Farhan AP kepada Serambinews.com, Selasa (23/4/2019).

Ia mengatakan mengapa proses pemadaman lahan rumbia yang terbakar itu berlangsung lama, menurut Farhan, di samping area lahan yang begitu luas, akses jalan menuju ke lokasi juga cukup sulit dan jauh.

"Ruas jalan yang kecil dan sempit serta bergelombang, di samping itu keberadaan lokasi lahan tersebut juga cukup jauh. Sehingga, petugas yang bergerak ke lokasi harus betul-betul ekstra hati-hati," sebutnya.

Lalu untuk menjinakkan api yang membakar lahan rumbia yang begitu luas itu, sehingga petugas harus menyambung selang agar menjangkau seluruh kawasan lahan yang terbakar.

Selain itu untuk mempermudah petugas dalam melakukan pemadaman, akses yang mengarah ke lokasi lahan harus diblokir.

Halaman
12
Penulis: Misran Asri
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved