Ini Penyebab 16 TPS se-Aceh Gelar Pemungutan Suara Ulang

Ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri, mengatakan, seluruh Aceh sebanyak 16 TPS melakukan pemungutan suara, pasca pemungutan dan perhitungan suara sejak 17..

Ini Penyebab 16 TPS se-Aceh Gelar Pemungutan Suara Ulang
Serambinews.com
Proses pemungutan suara Pilpres dan Pileg di Pidie Jaya, Rabu (17/4/2019). 

Ini Penyebab 16 TPS se-Aceh Gelar Pemungutan Suara Ulang

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

 

SERAMBINEWS.COM, IDI -  Ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri, mengatakan, seluruh Aceh sebanyak 16 TPS melakukan pemungutan suara, pasca pemungutan dan perhitungan suara sejak 17 April 2019 lalu.

“Totalnya sekitar 15-16 TPS se-Aceh, rata-rata masalahnya pencoblosan ganda, dan akibat masalah lainnya, seperti di Gayo Lues, pemilih dari Sumatera Utara yang pindah ke Gayo Lues, dan petugas salah memberikan lima surat suara seharusnya dia hanya satu surat suara untuk capres dan cawapres,” jelas Syamsul Bahri, didampingi Ketua KIP Aceh Timur, Zainal Abidin, kepada wartawan, usai mengikuti rapat koordinasi dengan KIP, Panwas, dan Kejaksaan, terkait kelanjutan pelaksanaan pemilihan lanjutan untuk DPRK di Rutan Idi, Aceh Timur, Rabu (24/4/2019).

Baca: Di Aceh, Tiga Petugas Penyelenggara Pemilu Meninggal Dunia, 62 Petugas Jatuh Sakit

Baca: Lagi, Seorang Panitia Penyelenggara Pemilu di Aceh Utara Meninggal Dunia

Baca: Dosen Unimal Juara Unggulan Lomba Cerpen Hari Bumi

Pemilihan ulang pada 16 TPS itu, jelas Syamsul, ada yang sudah dilakukan, sebagian TPS lain sedang dicari solusinya. Syamsul, merincikan pemungutan suara ulang (PSU) ini tersebar di Kabupaten Aceh Utara, Kota Langsa, Aceh Tamiang, Nagan Raya, Banda Aceh, Aceh Besar, dan Simeulue.

“Untuk Aceh Timur di Rutan Idi, kita masih carikan solusinya,”  jelas Syamsul.

Syamsul mengatakan rapat koordinasi yang melibatkan KIP Aceh, KIP Aceh Timur, dengan Panwaslu, dan Kejaksaan, Aceh Timur, untuk mencari solusi terkait pelaksanaan pemungutan suara lanjutan (PSL) di Rutan Idi.

“Kita duduk bersama dengan harapan ada titik temu. Kalau tidak ada titik temu, maka PSL di Rutan Idi tidak kami lakukan, karena lebih bagus tidak dilakukan, daripada kami laksanakan, karena bisa lebih bahaya,” ujar Syamsul.

Untuk diketahui Panwaslu Aceh Timur, sebelumnya telah merekomendasikan KIP Aceh Timur, untuk melaksanakan PSL di Rutan Idi, untuk pemilihan DPRK.

Halaman
12
Penulis: Seni Hendri
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved