TPS 1 Meunasah Masjid Direkom PSU, JaDI Pastikan Kawal Proses Pemilihan

Ketua JaDI Kota Lhokseumawe, Yuswardi M Kom I menyebutkan penyelenggara PSU harus memastikan pemilih yang menggunakan hak pilih adalah pemilih yang n

TPS 1 Meunasah Masjid Direkom PSU, JaDI Pastikan Kawal Proses Pemilihan
SERAMBINEWS.COM/SAIFUL BAHRI
Ketua JaDI Kota Lhokseumawe, Yuswardi M Kom I 

Laporan Saiful Bahri I Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 1 Meunasah Masjid, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe akan berlangsung Sabtu (27/4/2019) besok.

Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) dipastikan akan mengawal langsung proses PSU dengan harapan bisa berjalan sesuai aturan.

Ketua JaDI Kota Lhokseumawe, Yuswardi M Kom I menyebutkan penyelenggara PSU harus memastikan pemilih yang menggunakan hak pilih adalah pemilih yang namanya ada dalam DPT, DPTb dan DPK.

Dia sebutkan pendistribusian formulir C6 agar disampaikan langsung ke pemilih dan namanya harus sesuai dengan di DPT, DPTb dan DPK yang merujuk pada KTP elektronik, SIM, Paspor, Suket, dan KK.

Baca: Bahas Soal Balasan Bagi Orang yang Curang, Ini Perbandingan Pernyataan Ustadz Abdul Somad dan Aa Gym

Baca: Jalan Nasional Tangse di Blang Bungong-Blang Jeurat Putus, Ini Jalur Alternatif yang Bisa Dilewati

Baca: Hasil Real Count KPU Terbaru, Data Masuk 36,21%, Ini Perbandingan Perolehan Suara Jokowi vs Prabowo

Menurutnya, penyelenggara jangan menitip C6 kepada orang lain selain yang namanya tercantum dalam DPT.

Petugas juga harus memeeriksa C6 pemilih dan harus disesuaikan identitasnya saat mereka mendaftar untuk menggunakan hak pilih di TPS.

Panwas Gampong harus mengawal proses pendistribusian C6.

Untuk diketahui, PSU di TPS 1 Meunasah Masjid, Kecamatam Muara Dua, Kota Lhokseumawe, harus dilakukan karena saat hari pencoblosan pada 17 April 2019 lalu, diketahui ada yang melakukan pencoblosan dengan membawa C6 milik orang lain.

Bahkan dua orang yang diketahui melakukan pencoblosan tersebut bukan warga desa sempat. Meskipun dari dua orang tersebut, baru satu orang yang sudah memasukkan kertas suara yang sudah tercoblos ke kotak suara.

Didasari atas temuan tersebut, maka Panwaslih Kota Lhokseumawe merekomendasi untuk dilakukan PSU dari tingkat Pilpres hingga DPR Kota Lhokseumawe. Sedangkan jumlah pemilih di TPS tersebut sebanyak 269 orang.(*)

Penulis: Saiful Bahri
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved