BPKS Tawarkan Peluang Investasi

Hari ketiga yang merupakan hari terakhir rangkaian acara Aceh International Business Summit and Expo (AIBSE) 2019

BPKS Tawarkan  Peluang Investasi
IST
PLT Kepala BPKS, Razuardi MT, memberi penjelasan tentang peluang investasi di Sabang kepada para peserta AIBSE 2019, di Aula Balai Kota Sabang, Minggu (28/4). 

* Kepada Pebisnis dan Diplomat Asing

SABANG - Hari ketiga yang merupakan hari terakhir rangkaian acara Aceh International Business Summit and Expo (AIBSE) 2019 di Banda Aceh ditandai dengan kunjungan para peserta business summit itu ke kota wisata Sabang.

Rombongan berangkat naik kapal cepat dari Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh pukul 08.15 WIB dan tiba di Balohan, Sabang, menjelang pukul 09.00 WIB. Rombongan kemudian dijemput dan menjadi tamu istimewa Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPKS, Ir Razuardi MT menjamu para tamu AIBSE itu di Aula Balai Kota Sabang yang berada di lantai empat kantor tersebut. Ikut dalam lawatan itu, antara lain, Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Beata Stoczynska bersama suaminya. Hadir juga Konsul Amerika Serikat untuk Sumatra yang berkedudukan di Medan, Juha Salin.

Dari panitia dan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh hampir semuanya hadir, sebanyak 60 orang. Tak terkecuali Dr Suraiya IT selaku Ketua Panitia AIBSE 2019. Hadir juga Radhi Darmansyah MA selaku Wakil Ketua Umum Kadin Aceh Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Juga hadir Deputi Komersial BPKS, Agus Salim. Sedangkan dari Pemko Sabang dan manajemen BPKS hadir sekitar 50 orang.

Dalam sambutannya, Razuardi mengatakan, BPKS membuka peluang sebesar-besarnya bagi investor yang serius untuk berinvestasi di Aceh, khususnya di Pulau Weh, Sabang. “Kita punya pelabuhan yang bagus, tanah yang luas untuk hotel dan pergudangan, serta orang sabang juga ramah-ramah,” katanya.

Ia tambahkan bahwa dalam skenario BPKS pembangunan Sabang dilakukan bertahap. Fase pertama adalah pembebasan lahan dan kepastian regulasi. Fase kedua membangun dan melengkapi infrastruktur. “Fase ketiga baru economic engineering,” kata magister teknik jebolan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) itu.

Pertemuan singkat itu ia sudahi dengan menegaskan, “Siapa pun yang ingin berinvestasi di Sabang, kami buka peluang sebesar-besarnya. Cukup kirimkan surat kepada Kepala BPKS.”

Persiapan Pembangunan Bandara
Sementara itu, Asisten Administrasi dan Pembangunan Setdako Sabang, Kamaruddin menambahkan, Pemko Sabang sedang berupaya menghadirkan konektivitas yang lebih bagus dari dan ke Sabang.

“Sekarang sedang dalam persiapan pembangunan bandara internasional di Sabang bersama Pemerintah Aceh. Jika bandara internasional ini rampung, pastilah akan mempermudah akses atau konektivitas turis atau pebisnis mancanegara ke Sabang,” kata Kamaruddin.

Setelah dijamu santap siang oleh BPKS, para peserta AIBSE itu keliling Kota Sabang yang eksotik. Mereka juga meninjau Dermaga BPKS yang dipersiapkan untuk orientasi ekspor impor.

Kemarin, suasana di Kota Sabang sangat ramai karena bertepatan dengan berlangsungnya Sabang Marine Festival 2019 sejak 26 hingga 30 April. Paginya ribuan warga Sabang juga ikut jalan dan sepeda santai yang dilaksanakan Pemko Sabang bermitra dengan sejumlah sponsor dan menunjuk Harian Serambi Indonesia sebagai event organizernya.

Sore ini, sekitar pukul 15.00 WIB peserta AIBSE akan pulang naik kapal cepat ke Banda Aceh untuk seterusnya kembali ke Jakarta, Medan, atau ke negara asalnya.(dik)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved