Jelang Meugang, Harga Bumbu Dapur di Tapaktuan Mulai Naik

Jelang meugang Ramadhan tahun ini, harga beberapa jenis bumbu dapur di Pasar Inpres Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan mulai merangkak naik.

Jelang Meugang, Harga Bumbu Dapur di Tapaktuan Mulai Naik
SERAMBINEWS.COM/TAUFIK ZASS
Salah seorang pedagang di Pasar Inpres Tapaktuan sedang menjual dagangannya, Selasa (2/4/2019). 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Jelang meugang Ramadhan tahun ini, harga beberapa jenis bumbu dapur di Pasar Inpres Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan mulai merangkak naik.

Warga berharap Dinas terkait bisa memantau dan menekan harga kebutuhan rumah tangga agar para pedagang tidak memanfaatkan momen meugang untuk meraup keuntungan besar.

"Harga bumbu dapur mulai naik, kami berharap pemerintah melalui Dinas terkait bisa segera mencari solusi terhadap lonjakan harga kebutuhan dapur tersebut," ungkap Latifah, salah seorang warga Samadua kepada Serambinews.com, Senin (29/4/2019).

Baca: Meugang Idul Adha di Abdya, 121 Ternak Kerbau dan Sapi Disembelih, Harga Sangat Tinggi

Baca: Jelang Ramadhan, Pemkab Aceh Selatan Gelar Pasar Murah, Ini Jadwalnya

Baca: FDP Kirim Kafilah Ramadhan ke Pulau Banyak

Dikatakannya, kondisi ekonomi masyarakat saat ini sangat morat-marit, karenanya Latifah berharap pemerintah bisa mencari dan memberi solusi terkait kondisi ekonomi yang dialami masyarakat saat ini.

"Ya untuk jangka pendek kita berharap Pemkab bisa menekan harga kebutuhan dapur, supaya pedagang tidak mengambil keuntungan besar jelang meugang ini," harapnya.

Sejumlah pedagang di Kompleks Pasar Inpres Tapaktuan yang ditanyai Serambinews.com membenarkan sejumlah bumbu dapur saat ini mulai mengalami kenaikan, kondisi itu dikarenakan pasokan barang tidak seimbang dengan permintaan.

"Lebih besar permintaan ketimbang pasokan, dan kami pedagang ya menjualnya sesuai modal, jika modal mahal ya jualnya juga mahal," ungkap salah seorang pedagang di Pasar Inpres Tapaktuan.

Diakuinya, harga tomat yang sebelumnya hanya Rp 8.000/Kg kini naik menjadi Rp 12.000/kg, Cabai Merah yang sebelumnya Rp 25.000 - Rp 30.000 / Kg kini menjadi Rp 40.000/kg.

Demikian juga dengan Bawang kampung yang sebelumnya Rp 30.000/Kg kini naik menjadi Rp 40.000/kg.

Bawang peking Rp 25.000 dan Cabai rawit Rp 40.000/kg. (*)

Penulis: Taufik Zass
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved