LKMS Mahirah Diminta Tangkal Rentenir

Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Mahirah Muamalah, Sabtu (27/4) malam, memperingati hari jadinya yang pertama

LKMS Mahirah Diminta Tangkal Rentenir
IST
WALI Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, menandatangani naskah peluncuran Tabungan Qurban dan Tabungan Umrah LKMS Mahirah Muamalah Syariah, di Balai Kota, Senin (3/12). 

BANDA ACEH - Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Mahirah Muamalah, Sabtu (27/4) malam, memperingati hari jadinya yang pertama. Lembaga keuangan milik Pemerintah Kota Banda Aceh itu berbasis syariah.

Peringatan milad ke-1 LKMS Mahirah Muamalah digelar di Lantai IV Aula Mawardy Nurdin, Balai Kota Banda Aceh. Hadir Wakil Wali Kota Zainal Arifin, Sekdako Bahagia, Ketua MPU, Tgk Damanhuri Basyir, Ketua Majelis Adat Aceh, Jasri, Kepala perwakilan Bank Indonesia di Aceh, Zainal Arifin Lubis, Perwakilan OJK, Ketua Komisi C, Mahyudin, para Asisten dan staf ahli, serta sejumlah SKPK lingkungan kota, pimpinan Perbankan, para pengusaha, para Camat dan para Keuchik se-Kota Banda Aceh.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, yang juga penggagas berdirinya LKMS Mahirah berharap, kehadiran lembaga keuangan syariah itu bisa membantu masyarakat terhindar dari jeratan rentenir. “Selama ini banyak warga yang berurusan dengan rentenir untuk mendapatkan modal usaha. Guna menghindarkan masyarakat dari praktik riba, maka Pemko Banda Aceh pun mendirikan lembaga keuangan syariah. Walau usianya baru satu tahun, tapi keberadaannya sudah dirasakan masyarakat banyak,” ujarnya.

Selain menutup celah bagi rentenir, persoalan yang menjadi acuan didirikannya Mahirah Muamalah itu, yaitu atas dasar mencari solusi untuk mengurangi angka pengangguran dan menekan angka kemiskinan di Banda Aceh.

Dikatakan, pendirian LKMS tersebut mendapat apresiasi di tingkat nasional. Hal itu terbukti dengan berhasilan Pemko Banda aceh meraih Indonesian Innovation Award (IAA) 2019 dalam kategori khusus ‘Innovation on LKMS Mahirah Muamalah’. Penghargaan itu diserahkan langsung Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti RI, Jumain Appe, baru-baru ini.

“Ini sebuah prestasi dan kami berharap ini akan semakin memacu semangat dan motivasi kita bersama terus berinovasi dan meningkatkan kontribusi dalam pembangunan nasional, baik dalam pelayanan publik, transparansi dan efisiensi untuk peningkatan daya saing dan kesejahteraan masyarakat,” tandas Aminullah.(aji)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved