Pertamina Tambah 8.400 Tabung Elpiji 3 Kg Selama Ramadhan

Selama bulan puasa, Pertamina Banda Aceh melaporkan akan menambah rata-rata per hari 8.400 tabung elpiji 3 Kg ke pangkalannya.

Pertamina Tambah 8.400 Tabung Elpiji 3 Kg Selama Ramadhan
Serambinews.com
Grafis Alur Distribusi Elpiji 

Laporan Herianto | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH -- Untuk pemenuhan lonjakan permintaan elpiji 3 Kg, selama bulan puasa, Pertamina Banda Aceh melaporkan akan menambah rata-rata per hari 8.400 tabung elpiji 3 Kg ke pangkalannya.

“Kalau pada hari biasanya Elpiji yang disalur sekitar 378 metrik ton/hari, selama bulan puasa menjadi 303 metrik ton, bertambah 25 metrik ton atau sekitar 9 persen (8.400 tabung) dari hari biasanya,” kata Pimpinan Cabang Pertamina Banda Aceh, Awam Rahardjo, dalam pertemuan dengan Kepala Dinas ESDM Aceh, Mahdinur yang didampingi Kabid Migas, Darma dan staf di ruang rapat Kadis ESDM Aceh, Selasa (30/4/2019).

Penambahan suplai ke pangkalan elpiji 3 Kg itu kita lakukan, kata Awam Rahardjo, supaya masyarakat miskin yang membutuhkan elpiji 3 Kg selama bulan ramadhan tidak resah dan mudah mendapatkannya di pangkalan dengan harga sesuai HET-nya Rp 18.000/tabung.

Namun begitu, lanjut Awam rahardjo, supaya penambahan suplai harian sebesar 8.400 tabung atau 9 persen tersebut tepat ke sasarannya masyarakata miskin dan bermanfaat bagi pemenuhan lonjakan permintaan elpiji 3 Kg selama bulan ramadhan di desa-desa.

Baca: Anggota DPRK Aceh Selatan Minta Pemkab Cabut Izin Pangkalan Elpiji di Tapaktuan-Samadua

Baca: Selama Masa Pemilu Konsumsi BBM dan Elpiji Meningkat

Baca: Pangkalan Melanggar Penjualan Elpiji 3 Kg,  Begini Cara Melapor ke Pertamina

Pimpinan Cabang Pertamina Banda Aceh itu, meminta kepada aparat keamanan dan masyarakat di kabupaten/kota untuk mengawasi pebdistribusian elpiji 3 Kg itu di pangkalan dan kepada sasarannya masyarakat miskin.

Pertamina, kata Awam Rahardjo, sangat tidak menginginkan elpiji 3 Kg bersubsidi itu, lebih banyak bereder di kios-kios pengecernya dan toko bangunan, ketimbang di pangkalannya.

Kalau elpiji 3 Kg itu sudah bereder di kios pengecer, hargnya sudah melambung tinggi menjadi Rp 25.000 – Rp 30.000/tabung.

Kalau ini yang terjadi, masyarakat penerima elpiji 3 Kg yang sangat dirugikan, bersama negara yang mensubsidinya.

Stok elpiji di 8 SPBE yang terdapat di Aceh, kata Awam Rahardjo, saat ini masih cukup banyak 89.851 metrik ton.

Halaman
12
Penulis: Herianto
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved