Puluhan Stan Meriahkan Expo UMKM

sebanyak 100 pelaku UMKM yang terbagi atas 20 stan, meramaikan Expo UMKM 2019. Pameran dalam rangka HUT ke-814

Puluhan Stan Meriahkan Expo UMKM
SERAMBI/NURUL HAYATI
STAN Komunitas UMKM di Expo 2019 HUT ke-814 Kota Banda Aceh, di Taman Bustanussalatin (Taman Sari), Senin (29/4). SERAMBI/NURUL HAYATI 

BANDA ACEH - sebanyak 100 pelaku UMKM yang terbagi atas 20 stan, meramaikan Expo UMKM 2019. Pameran dalam rangka HUT ke-814 Kota Banda Aceh itu, berlangsung di Taman Bustanussalatin (Taman Sari), Banda Aceh, 28-30 April 2019.

“Saya ingin mengenalkan batik khas Aceh kepada pengunjung. Nah! Momen expo seperti ini paling tepat untuk mengedukasi dan mengenalkan batik Aceh lebih dekat dengan warganya,” ujar Hikmah, produsen ‘Hibatik’ kepada Serambi, Senin (29/4).

Ia menjelaskan, batik Aceh bukan hanya rencong atau rumoh Aceh. Tapi juga lahir dari kekayaan alam dan budaya. Sebut saja contoh karyanya, yaitu motif seulanga dan tari saman.

Sejak berdiri 2013 lalu, saat ini ‘Hibatik’ telah melahirkan 30 motif batik Aceh, baik batik tulis, prin, mau pun cap. Dengan harga mulai dari Rp 150 ribu-Rp 500 ribu.

Selain stan batik, expo UMKM 2019 juga diisi oleh stan makanan tradisional, pernak pernik aksesoris, fashion, hingga interior rumah.

Kesemuanya handmade dan merupakan karya pelaku usaha lokal. Sebut saja untuk fashion dengan brand Welin dan minyeuk pret. Sementara untuk aksesoris dan dekorasi rumah, ada ‘Longcraft’ dan ‘Rumah Pinus Wood Working’. “Kami dari BPBA juga meramaikan stan dan melengkapi dengan alat penanganan bencana,” ujar petugas stan Badan Penanggulangan Bencana Aceh.

Pameran UMKM tersebut juga diisi oleh sejumlah SKPD dan perbankan. Sebut saja BPJS, BPBA, PLN, BNI, BPD, Disbudpar, dan dinas lainnya. Serta diramaikan dengan festival budaya di panggung utama.(rul)

Tags
Expo UMKM
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved