Distanbun Remajakan 15 Ribu Ha Sawit

Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh melakukan upaya percepatan agar target 15.000 haktare

Distanbun Remajakan 15 Ribu Ha Sawit
IST
AZANUDDIN KURNIA, Kabid Pengolahan dan Pemasaran Perkebunan Distanbun Aceh

BANDA ACEH - Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh melakukan upaya percepatan agar target 15.000 haktare (Ha) program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) pada tahun ini dapat segera terwujud. Salah satu upaya dimaksud adalah melaksanakan sosialisasi program tersebut ke sejumlah kabupaten/kota di Aceh.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Kadistanbun) Aceh, A Hanan SP MM, melalui Kabid Pengolahan dan Pemasaran Perkebunan, Azanuddin Kurnia SP MP, kepada Serambi, via telepon selulernya, kemarin, menyebutkan, untuk tahap awal sosialisasi program PSR dilaksanakan di empat kabupaten yaitu Aceh Jaya pada 1-2 Mei, Aceh Barat 2-3 Mei, Aceh Tamiang 2-3 Mei, dan Aceh Utara pada 3-4 Mei 2019. “Khusus di Aceh Utara, kita sosialisasikan cara mengusul PSR dengan sistem online,” ujar Azanuddin.

Ke Aceh Tamiang, menurutnya, sosialisasi disampaikan Kadistanbun Aceh, A Hanan SP MM, ke Aceh Jaya oleh Azanuddin Kurnia SP MP dan Ashabul Anhar, ke Aceh Barat oleh Azwin dan Yahya Kasim, serta Suparno dan Juanda ke Aceh Utara. “Kita membagi tim. Alhamdulillah sosialisasi PSR di semua kabupaten sudah selesai dilaksanakan,” ungkap pria yang akrab disapa Azan ini.

Ia menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberi pemahaman dan tata cara pengajuan usulan PSR, agar mudah dipahami dan diikuti oleh pengusul baik petani yang tergabung dalam kelompok tani, gabungan kelompok tani, koperasi, atau lembaga lain yang sah. “Mulai tahun ini verifikasinya dilakukan secara online. Walau demikian, kami masih mempersilakan pengusul untuk mengajukan secara manual, tapi semua dokumen tersebut tetap harus discan untuk dikirim dalam bentuk online,” jelasnya.

Untuk tahap awal, sambung Azan, baru Kabupaten Aceh Utara yang menyosialisasikan usulan PSR dengan sistem online. Sementara tujuh kabupaten lain akan menyusul melaksanakan sistem yang sama. Azan menambahkan, kuota PSR tahun ini masing-masing Aceh Tamiang seluas 3.000 Ha, Aceh Jaya 1.694 Ha, Aceh Barat 1.055 Ha, dan Aceh Utara 2.080 Ha. “Kita berharap Aceh Singkil, Aceh Timur, Nagan Raya, dan Subulussalam dapat segera melaksanakan sosialisasi agar target dapat tercapai,” harap Azanuddin Kurnia.(jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved