Ramadhan 1440 H

Hukum Gosok Gigi Saat Puasa Ramadhan, Ini Penjelasan Ulama Aceh

Jika memang tidak menggosok gigi sebelum imsak, maka sebaiknya menggosok gigi dilakukan pada pagi hari dan sebelum naiknya matahari.

Hukum Gosok Gigi Saat Puasa Ramadhan, Ini Penjelasan Ulama Aceh
DOK SERAMBINEWS.COM
Foto ilustrasi (Murid SD Lhokseumawe mengikuti kegiatan gosok gigi yang diadakan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Aceh Utara dan Lhokseumawe, Sabtu (19/3/2016). 

Hukum Gosok Gigi Saat Puasa Ramadhan, Ini Penjelasan Ulama Aceh

Laporan Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Selama menjalankan ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan, banyak menimbulkan tanda tanya mengenai hukum gosok gigi saat puasa.

Tentu selama ini masih banyak diantara umat Islam lupa atau tidak sempat menggosok gigi sebelum imsak, sehingga ingin menggosok gigi saat pagi hari.

Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk H Faisal Ali atau yang akrab disapa Lem Faisal kepada Serambinews.com, Senin (6/5/2019) menjelaskan, bahwa hukum menggosok gigi saat sedang menjalankan puasa diperbolehkan.

Jika memang tidak menggosok gigi sebelum imsak, maka sebaiknya menggosok gigi dilakukan pada pagi hari dan sebelum naiknya matahari.

“Namun usahakan sedapat mungkin jangan menggosok gigi pada pagi hari saat sudah masuk waktu puasa, gosok lah sebelum subuh,” ujar Lem Faisal di Newsroom Serambi Indonesia (Serambinews.com) di Meunasah Manyang, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar.

Baca: Bingung Masak Apa di Hari Pertama Puasa? Ini 4 Resep Menu Sahur Sederhana Antiribet yang Bisa Dicoba

Baca: FOTO- FOTO: Tarawih Malam Pertama Ramadhan 1440 H di Masjid Raya Baiturrahman

Baca: Syekh dari Gaza Imami Tarawih Malam Pertama, Jamaah Masjid Raya Membeludak sampai Shalat di Rumput

Karena, kata Lem Faisal, jika seseorang yang berpuasa menggosok gigi saat pagi hari, maka nanti sudah tidak menggeluarkan bau mulut lagi.

Padahal Allah SWT telah menjanjikan ada pahala untuk bau mulut orang-orang yang berpuasa.

Jika orang yang berpuasa menggosok gigi dengan siwak, maka ia sudah tidak perlu lagi menggunakan odol. Karena kayu siwak yang bagus sudah terkandung pasta di dalamnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved