Melaksanakan Ibadah Puasa bukan Saja Siap Ilmu tapi Juga Siap Mental

Melaksanakan ibadah puasa Ramadhan bukan saja harus mempersiapkan ilmu agar puasa diterima oleh Allah SWT. Tapi juga harus mempersiapkan mental...

Melaksanakan Ibadah Puasa bukan Saja Siap Ilmu tapi Juga Siap Mental
SERAMBINEWS.COM/MASRIZAL BIN ZAIRI
Tausyiah Ramadhan di musala Kantor Wilayah Kemenag Aceh, Senin (13/5/2019) siang. 

 

Melaksanakan Ibadah Puasa bukan Saja Siap Ilmu tapi Juga Siap Mental

 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Melaksanakan ibadah puasa Ramadhan bukan saja harus mempersiapkan ilmu agar puasa diterima oleh Allah SWT. Tapi juga harus mempersiapkan mental.

Baca: Harga Tiket Pesawat Mahal, Bandara Kualanamu Rugi Rp 2 Miliar per Bulan, di Pekanbaru Rp 3 Miliar

Baca: Laga Kambing Honda Beat vs Tronton Semen, Remaja Aceh Barat Tewas di Tempat

Baca: Kontainer Disediakan, Warga Masih Buang Sampah di Jalanan

Hal itu disampaikan oleh Ustaz Husni Suardi Amd dalam ceramah singkatnya ba’da shalat Zuhur di musalha Kantor Wilayah Kemenag Aceh, Senin (13/5/2019).

“Melaksanakan ibadah Ramadhan, kalau hanya mengandalkan ilmu pasti ibadahnya tidak maksimal. Agar maksimal siapkan juga mentalnya,” katanya.

Dia mengambil contoh umat muslim berpuasa selama 22 jam dalam sehari seperti di Islandia. Umat muslim di sana hanya memiliki waktu sekitar dua jam untuk berbuka, shalat tarawih, dan makan sahur.

“Mereka berbuka puasa jam 12. Imsak jam 2. Tak sempat ngopi seperti kita. Kenapa mereka sanggup melaksanakannya ya karena mentalnya siap. 22 jam puasa dalam sehari tidak masalah, Kalau kita siap mental, insyaallah kita siap,” ujar Husni Suardi.

Berbeda dengan Indonesia, pengurus Wilayah Badan Koordinasi Mubaligh se-Indonesia (Bakomubin) Aceh ini menyampaikan durasi puasa di Indonesia hanya sekitar 13 jam dalam sehari mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Halaman
12
Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved