3.857 Bus Layani Pemudik

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh, Junaidi mengatakan, para pemudik di Aceh yang pulang kampung

3.857 Bus Layani Pemudik
SERAMBINEWS.COM/EDDY FITRIADY
Kepala Dishub Aceh, Junaidi ST MT saat meninjau seleksi awak bus di Depo Terminal Tipe A Batoh, Banda Aceh 

* Tak Ada Kenaikan Tarif
* Jadwal Kapal Tetap Normal

BANDA ACEH - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh, Junaidi mengatakan, para pemudik di Aceh yang pulang kampung menjelang Lebaran Idulfitri 1440 Hijriah akan dilayani oleh 3.857 unit bus. Untuk jurusan antarprovinsi tersedia 604 bus dari 19 perusahaan, sedangkan untuk trayek dalam provinsi tersedia 3.253 bus dari 84 perusahaan.

“Jumlah angkutan penumpang umum yang kami sampaikan itu adalah untuk semua rute perjalanan darat yang terdapat di Aceh, mulai dari Medan-Banda Aceh, lintas pantai timur-utara, tengah, maupun pantai barat-selatan Aceh, Subulussalam dan Aceh Singkil hingga batas Sumut,” ujar Junaidi kepada Serambi seusai rapat persiapan angkutan mudik Lebaran Idulfitri 1440 Hijriah di Aceh untuk tahun 2019, Kamis (16/5), di Aula Dishub Aceh.

Junaidi mengatakan, dalam rapat persiapan angkutan mudik Lebaran Idulfitri 2019 itu yang diundang tidak hanya para kadishub kabupaten/kota bersama kasi angkutan daratnya, tapi juga pihak pengelola pelabuhan dan PT ASDP bersama instansi teknis terkait, termasuk polisi lalu lintas, Jasa Raharja, dan lainnya.

“Untuk lebih jelasnya mengenai tahapan pelaksanaan angkutan mudik Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, bisa ditanyakan langsung kepada Kabid Darat Dishub Aceh, Nizarli,” ujar Junaidi.

Kabid Darat Dishub Aceh, Nizarli yang dimintai penjelasannya mengatakan, tahapan persiapan angkutan mudik Lebaran Idulfitri 1440 Hijriah saat ini sudah sampai pada tahap rapat koordinasi antarinstansi terkait.

Dalam rapat koordinasi itu, kata Nizarli, pihaknya juga mengundang para pengusaha angkutan penumpang umum AKAP maupun AKDP. Mereka diundang untuk mendengarkan langsung penjelasan dalam pelaksanaan angkutan mudik Lebaran Idulfitri 1440 Hijriah bahwa akan ada pengecekan fisik kendaraan yang akan dijadikan sebagai armada angkutan umum penumpang untuk mudik Lebaran 2019.

Pengecekan fisik kendaraan itu, kata Nizarli, hukumnya wajib dan kendaraan yang sudah dinyatakan lulus tes cek fisik kendaraan angkutan mudik akan diberikan stiker angkutan mudik Lebaran 2019 untuk ditempelkan pada kaca depan bus.

Pengecekan fisik kendaraan angkutan mudik Lebaran, menurutnya, akan dilakukan serentak di kabupaten/kota mulai 21-25 Mei 2019.

Seperti biasanya, kata Nizarli, menjelang tujuh hari sebelum Lebaran, Dishub Aceh akan membuka posko pelayanan mudik Lebaran 2019. Posko pelayanan akan dibuka di empat terminal tipe A, yaitu Terminal Bus Besar dan Minibus Batoh, Banda Aceh, Terminal Kota Langsa, Terminal Kota Lhokseumawe, dan Terminal Kota Takengon. Satu lagi ada di Meulaboh, tapi belum berfungsi.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved