Antisipasi Penularan Cacar Monyet, Dari Gejala, Pencegahan, hingga Pengobatan

Penyakit ini menjadi heboh setelah muncul kabar bahwa di Singapura ada seorang warga Nigeria yang positif terkena penyakit tersebut.

Antisipasi Penularan Cacar Monyet, Dari Gejala, Pencegahan, hingga Pengobatan
(courtesy: FB/Dieudonne Assanah)
Cacar monyet merebak di Bakouma di bagian timur Afrika Tengah 

SERAMBINEWS.COM - Beberapa hari belakangan, Kamis (16/5/2019), ramai diperbincangkan soal penyakit cacar monyet atau monkeypox.

Penyakit ini menjadi heboh setelah muncul kabar bahwa di Singapura ada seorang warga Nigeria yang positif terkena penyakit tersebut.

Mengutip Kompas.com, warga negara Nigeria yang terkena cacar monyet ini diketahui berusia 38 tahun dan baru tiba di Singapura pada 28 April 2019 lalu.

WN Nigeria itu disebut terbukti positif mengidap cacar monyet pada 8 Mei 2019.

Atas ramai kabar tersebut, pemerintah  meminta masyarakat Indonesia untuk waspada terhadap penyebaran virus cacar monyet.

Kementerian Kesehatan bahkan memperketat penjagaan bagi WN asing yang ingin masuk ke Indonesia dengan memperkuat pemantauan, contohnya dengan pemasangan alat pendeteksi suhu hingga pemeriksaan kesehatan di bandara.

Lalu apakah sebenarnya cacar monyet itu?

Bagaimana gejala dan cara mengobatinya?

1. Pengertian Cacar Monyet atau Monkeypox

Dikutip dari laman resmi WHO, cacar monyet atau monkeypox adalah penyakit langka yang disebabkan oleh virus, dan ditularkan pada manusia melalui hewan.

Halaman
1234
Editor: faisal
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved