Tafakur

Konsepsi Bulan Suci

Kesuksesan menempuh perjalanan hidup yang menantang di dunia ini dipengaruhi oleh ketangguhan fisik

Konsepsi Bulan Suci
IST
Jarjani Usman

Oleh: Jarjani Usman

Kesuksesan menempuh perjalanan hidup yang menantang di dunia ini dipengaruhi oleh ketangguhan fisik, mental, dan iman. Di bulan suci ini saat yang tepat menempa diri agar menjadi insan yang tangguh. Namun, ketangguhan seseorang hamba sangat dipengaruhi oleh bagaimana bulan suci ini dikonsepsi atau dibentuk dalam pikiran.

Beruntunglah bagi mereka yang mengonsepsikan bulan suci sebagai bulan menuju ketakwaan. Merek tak rela membiarkan detik-detik bulan suci ini berlalu tanpa memungut pahala dengan beribadah dan menjaga diri. Juga tak tanggung-tanggung melakukan segenap pengorbanan, mulai dari waktu, pikiran, perasaan, komitmen hingga usaha yang kuat untuk kebaikan.

Namun, tak sedikit orang yang mengonsepsikan bulan suci sebagai bulan bisnis, sehingga merasa sangat rugi bila tidak mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya siang dan malam. Makanya bagaikan tak penting shalat Tarawih dan tadarus malam karena sibuk berjualan.

Ada juga yang mengonsepsikan bulan suci sebagai bulan belanja besar-besaran. Makanya akan merasa puas bila mampu berbelanja makanan banyak, pakaian mewah, kendaraan, dan lain-lain. Jumlah saf shalat Tarawih pun semakin sedikit dari malam ke malam di bulan Ramadhan, karena sibuk berbelanja.

Namun diingatkan, sunggguh celaka orang yang bertemu Ramadhan tapi tak terampuni dosanya. Dan kesempatan kita yang hidup hari ini bertemu bulan suci ini ke depan belum pasti.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved