Menteri Jokowi Ini Juga Gagal ke Senayan, Kalah Dari Empat Caleg Partai Lain

Tiga orang di antaranya merupakan calon incumben dan satunya sebelum menjadi anggota DPD-RI

Menteri Jokowi Ini Juga Gagal ke Senayan, Kalah Dari Empat Caleg Partai Lain
(KOMPAS.com/FIRMANSYAH)
Rapat Pleno KPU Provinsi Bengkulu 

SERAMBINEWS.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putra Sandjojo, gagal melangkah ke Senayan.

Eko yang merupakan caleg dari PKB dapil Bengkulu hanya memperoleh suara di bawah 100.000.

"Jadi, hanya empat caleg dari partai berbeda yang terpilih menjadi anggota DPR dari dapil Bengkulu hasil Pemilu 2019 lalu. Tiga orang di antaranya merupakan calon incumben dan satunya sebelum menjadi anggota DPD-RI dari dapil Bengkulu pada Pemilu 2014 lalu," ungkap Eko Sugianto, Kamis (16/5/2019).

Baca: Modus Pecah Ban Mobil, Polisi Tangkap 3 Perampok yang Gasak Uang Rp 505 Juta Milik Pedagang Telur

Dari empat caleg DPR dapil Bengkulu, yang lolos ke Senayan merupakan calon petahana, yakni PDI-P atas nama Elva Hartati, PAN atas nama Dewi Coryati, Gerindra atas nama Susi Marleny Bachsin, dan Partai Golkar atas nama Muhammad Soleh.

Muhammad Soleh sebelumnya menjabat anggota DPD RI dapil Bengkulu, Muhammad Soleh sempat menjadi Ketua DPD menggantikan Irman Gusman.

Hasil rekapitulasi KPU juga menunjukkan, suara PKB, partai yang mengusung Eko mengantongi 63.842 suara di Dapil Bengkulu.

Baca: Ratusan Raider dan Marinir Siaga Satu di Sekitar Lapas Narkotika di Sumatera Utara

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Eko Putro Sandjojo tiba di gedung KPK, Jakarta, untuk menjalani pemeriksaan, Jumat (14/7/2017). Eko Putro Sandjojo diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Auditor Utama BPK Rochmadi Saptogiri terkait kasus suap pemberian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) oleh BPK. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Eko Putro Sandjojo tiba di gedung KPK, Jakarta, untuk menjalani pemeriksaan, Jumat (14/7/2017). Eko Putro Sandjojo diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Auditor Utama BPK Rochmadi Saptogiri terkait kasus suap pemberian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) oleh BPK. TRIBUNNEWS/HERUDIN ()

Perolehan suara PKB kalah dengan suara yang didapat empat parpol peserta pemilu lainnya, yakni PDI-P, Partai Golkar, Partai Gerindra, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

PDI-P mendapatkan suara terbanyak di Bengkulu, yakni 137.006 suara, kemudian disusul Partai Golkar 136.581 suara, Partai Gerindra 130.581 suara, dan PAN 121.990 suara.

Keempat partai yang mampu meloloskan kursi ke Senayan dari dapil Bengkulu yakni PDI-P, Golkar, Gerindra dan PAN.

Sebelumnya, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri juga gagal lolos ke Senayan.(*)

Baca: Polda Sumut Perintahkan Polres dan Polsek Sweeping Cari 500 Napi Kabur, Termasuk Bus ke Aceh

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Lagi, Menteri Jokowi dari Dapil Bengkulu Gagal ke Senayan

Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved