Satgas Pangan Awasi Harga Sembako

Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Aceh Barat yang terdiri dari Polres, Pemkab, dan Bulog Divre Meulaboh

Satgas Pangan Awasi Harga Sembako
Serambinews.com
Tim pangan Aceh Barat memantau harga daging di Pasar Bina Usaha, Meulaboh 

* Pantau Pasar Bina Usaha Meulaboh

MEULABOH – Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Aceh Barat yang terdiri dari Polres, Pemkab, dan Bulog Divre Meulaboh, Kamis (16/5), melakukan pengawasan terhadap harga sembilan bahan pokok (sembako) di Pasar Bina Usaha Meulaboh, Aceh Barat. Pada kesempatan itu, tim gabungan meminta pedagang untuk tidak mempermainkan harga selama Ramadhan dan jelang lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.

Pantauan Serambi, Tim Satgas Pangan yang turun ke Pasar Bina Usaha Meulaboh yakni, Kasat Reskrim Polres Aceh Barat, Iptu M Isral, Kabag Ekonomi Setdakab, Armaikandi, Kepala Bulog Divre Meulaboh, Hafizhsyah, serta pejabat dari Dinas Perdagangan, Khairuzzadi. Di pasar tersebut, tim menyusuri sejumlah toko beras, sembako, pasar daging, dan telur.

Kabag Ekonomi Setdakab Aceh Barat, Armaikandi mengatakan, dari pemantauan harga Satgas Pangan terungkap kalau sejauh ini harga masih stabil, meski ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan. “Kami harapkan, para pedagang tidak bermain-main dengan harga serta menjual dengan harga yang normal,” tukasnya.

Di sisi lain, Kasat Reskrim Polres Aceh Barat, M Isral menerangkan, hasil pemantauan timnya belum ditemukan adanya pedagang yang menimbun bahan pokok. Namun demikian, tegas Kasat Reskrim, pihaknya akan terus mengawasi dan meminta masyarakat melapor bila menemukan penimbunan sembako yang dapat berdampak pada kenaikan harga.

Sedangkan, Kepala Bulog Divre Meulaboh, Hafizhsyah memaparkan, Bulog siap mengelar operasi pasar untuk menstabilkan harga sembako di pasaran. Dia menyebutkan, saat ini stok beras di Bulog masih mencukupi.

Sementara itu, selain memantau pasar, Satgas Pangan Aceh Barat juga mencatat sejumlah harga barang pokok serta membandingkannya dengan harga bulan lalu. Seperti saat ini, menurut catatan tim, harga bawang putih masih mahal karena dijual pada kisaran harga Rp 60 ribu per kilogram. Demikian juga dengan bawang merah yang harganya juga lumayan tinggi pada angka Rp 40 ribu/kg.

Bahan pokok lain yang juga cenderung tinggi adalah, cabai merah yang dijual Rp 40 ribu sekilo serta telur ayam ras sebesar Rp 40 ribu/papan (30 butir). Namun untuk daging kerbau dan sapi, harganya sudah normal seperti hari biasa pada angka Rp 130 ribu/kg. “Biasanya harga itu sering mengalami kenaikan jelang meugang dan lebaran,” ucap Kabag Ekonomi Setdakab Aceh Barat, Armaikandi.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved