Menteri PPPA Apresiasi Wali Kota Banda Aceh

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Jumat (17/5) melakukan audiensi dengan Menteri Pemberdayaan

Menteri PPPA Apresiasi Wali Kota Banda Aceh
IST
MENTERI Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Prof Dr Yohana Susana Yembise Dip Apling MA menerima audiensi Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM, di Kantor Kementerian PPPA, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (17/5) 

* Atas Program Kota Layak Anak

BANDA ACEH - Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Jumat (17/5) melakukan audiensi dengan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Susana Yembise. Dalam pertemuan yang berlangsung di kantor Kementerian PPPA di Jalan Medan Merdeka Barat itu, Wali Kota memaparkan progres pembangunan bidang perempuan dan anak yang telah dilakukan selama ini.

Aminullah memaparkan, semua fasilitas umum di Banda Aceh, seperti sekolah maupun puskemas menuju ramah anak. Bahkan untuk menggelorakan kota layak anak, pihaknya angkat mengangkat tema ‘Kota Layak Anak’ dalam Rapat Kerja (Raker) Pemko Banda Aceh tahun ini.

Dikatakan, untuk menuju kota layak anak, berbagai upaya terus dilakukan di antaranya pencanangan Gampong Layak Anak. “Sembilan Camat dan 90 Keuchik se-Banda Aceh juga sudah meneken deklarasi pembentukan Gampong dan Kecamatan Layak Anak. Pemko bersama DPRK juga sedang memproses Qanun Kota Layak Anak (KLA). Kalau Perwal-nya sudah diterbitkan,” terang Aminullah sembari menambahkan bahwa pihaknya juga akan membetuk Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) di Banda Aceh.

Sementara terkait pemberdayaan perempuan, Aminullah menjelaskan sejak 2008 Pemko Banda Aceh telah menggelar Musyawarah Rencana Aksi Perempuan (Musrena) yang terintegrasi dengan Musrenbang. “Dan pada 2018 kita revisi Perwal-nya untuk turut melibatkan anak dan kaum disabilitas di dalamnya.”

Sementara itu, Menteri Yohana yang asli Papua menyatakan mempunyai kesan khusus terhadap Aceh. Ia pun bertekad untuk memberi perhatian dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dari Sabang sampai Merauke.

Yohana mengapresiasi Wali Kota Banda Aceh yang peduli terhadap pembangunan bidang perempuan dan anak. “Apa yang sudah Wali Kota Banda Aceh sejalan dengan program prioritas Kementerian PPPA yakni 3 Ends; mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, traficking, dan diskriminasi terhadap perempuan termasuk diskriminasi ekonomi.”

“Saya senang mendengar jika Pemko Banda Aceh telah banyak membantu permodalan bagi pengusaha perempuan. Ini tentu mendukung program prioritas kita untuk mengakhiri diskriminasi ekonomi terhadap perempuan,” katanya.

Turut hadir mendampingi menteri dalam pertemuan tersebut antara lain Sekretaris Kementerian (Sesmen) PPPA Pribudiarta Nur Sitepu, Deputi Partisipasi Masyarakat Indra Gunawan, dan Deputi Bidang Perlindungan Anak Nahar. Sementara Aminullah didampingi Kadis DP3AP2KB Media Yulizar.(mir)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved