Kanal

Persiraja Tamat

Pesepakbola Perseman Manokwari, Kornelis Kaimu (kanan) menggiring bola melewati penjaga gawang Persiraja Banda Aceh, Fajar Liansyah (kiri) dalam kompetisi Play Off IPL 2013 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Senin (21/10). Perseman Manokwari mengalahkan Persiraja Banda Aceh dengan skor 3-0. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan -

BANDA ACEH - Harapan Persiraja untuk mendapatkan peluang ke posisi tiga besar di Grup L sudah sirna. Karena, satu-satunya kesempatan terakhir Laskar Rencong saat menghadapi Perseman Manokwari, Papua Barat justru takluk dengan skor telak 0-3 di Stadion Sultan Agung, Bantul Yogyakarta, Senin (21/10).

Kekalahan ini menambah rekor Persiraja tak mampu meraih poin dalam tiga laga babak play off Liga Primer Indonesia (LPI) musim 2013. Hasil akhir ini membuat peluang Persiraja sudah tertutup rapat-rapat untuk bisa ikut proses verifikasi sebagai persyaratan masuk Liga Super Indonesia (LSI) musim 2013-2014.

Kecuali itu, hasil buruk selama babak play-off memastikan Lantak Laju--julukan Persiraja--degradasi ke divisi utama musim depan. Sehingga, pada kompetisi kasta kedua musim 2013-2014 nanti, tim bonden Kutaraja akan kembali berlaga menghadapi PSAP Sigli, PSLS Lhokseumawe, PSSB Bireuen, PSBL Langsa, dan PSGL Gayo Lues.

Dengan demikian, Persiraja hanya mampu bertahan selama dua musim dalam kompetisi kasta tertinggi di tanah air. Pada musim pertama, dengan dukungan dana dari konsorsium, prestasi Persiraja malahan finish di urutan ke-7. Kali ini, pasukan Maman Suryaman berhasil degardasi ke divisi utama.

Tambahan tiga poin membuat langkah Perseman ketiga besar semakin mulus dengan menyisakan dua laga lagi. Sementara dalam perlagaan tadi malam, tuan rumah Persiba Bantul di luar dugaan ditahan 1-1 oleh Persepar Palangkaraya. Praktis, tiga tiket lolos dari Grup L akan menjadi milik Persiba, Persepar, dan Manokwari.

Persiraja dibawah asuhan Pelatih Maman Suryaman dan Asisten Pelatih Wahyu AW tak mampu tampil maksimal meski turun dengan strategi baru menempatkan tiga bek, empat gelandang, dan tiga striker. Upaya menguasai lini tengah justru kandas. Karena kerepotan menghalau serangan hingga harus membantu lini belakang yang tertekan dari Marcio Souza dkk. Lini depan juga tumpul dan sering hilang bola sebelum mendekati kotak 16.

Kecuali itu, dalam duel 90 menit, penampilan dari Erik Saputra cs sangat mengecewakan. Betapa tidak, mereka hanya mampu melepaskan dua tendangan yang tepat mengarah ke kiper Perseman. Ialah andil dari Fitra Ridwan dan Jessy Gunawan. Selebihnya Mukhlis Nakata dkk gagal masuk ke areal Manokwari.

Laga baru berjalan 3 menit, Marcio Souza sudah mengancam lewat tendangan bebasnya yang membentur mistar atas. Tapi kesalahan ini mampu dibayar striker asal Brasil di menit 10 usai tendangan bebasnya di luar kotak 16 tak mampu diantisipasi Fajar Liansyah dibawah mistar gawang Persiraja. Pasukan asuhan Arcan Iurie begitu mudah menerobos pertahanan tim berjuluk Laskar Rencong.

Marcio Souza kembali memperlihatkan kelasnya dengan mudah masuk ke pertahanan Persiraja dan sontekannya menjadi gol di menit 24. Tim berjuluk Hino Cofu atau Ular Putih ini hampir menambah gol melalui Cornelius Kaimu di menit 43. Tapi gol Kaimu tak diakui karena hakim garis mengangkat bendera tanda off-side. Skor 2-0 bertahan hingga jeda.

Persiraja yang berusaha di babak kedua tak menemukan permainan terbaiknya. Alur serangan kandas akibat umpan salah sasaran atau direbut pemain lawan. Beruntung sejumlah peluang yang diperoleh Cornelius Kaimu tak menjadi gol. Perseman baru menambah gol melalui tendangan keras Valentino Telaubun dalam jarak dekat di depan gawang usai memanfaatkan bola rebound yang bermula dari tendangan pojok. Skor 3-0 tak berubah hingga pertandingan usai.(adi)

Susunan pemain
Persiraja: Fajar Liansyah, Kurniawan, Ahmad Yani, Andri Muliadi, Safrizani, Hendra Sandi Gunawan/Jessi Gunawan, Mukhlis Nakata, Erik Saputra/Fitra Ridwan, Septi Heriansyah, Fahrizal Dillah/Angga Parnanda, Nurul Zikra

Perseman: Caytanus Ohoilulin, Valentino Telaubun, Michael Ndubuisi, Rizal Lestahulu, Yopi Mardoof, Ronaldo Meosido/Gani Pulehe, Jhon Patikawa/Tommy Oropka, Lucas Latuperissa, Irvan Yunus/Hezybon Indouw, Cornelius Kaimu, Marcio Souza

Editor: bakri

Video Penampakan 2 Wanita Digerebek Walikota Bogor Bima Arya, Prostitusi di Apartemen Bogor Valley

Berita Populer