Kanal

Komunitas Seni Bener Meriah dan Aceh Tengah Nyatakan Dukungan Penyelanggaraan GAMIFest 2018

GAMIFest 2018 digelar di Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara. - KOLASE/SERAMBINEWS.COM

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Seniman dan pimpinan komunitas di Bener Meriah dan Aceh Tengah menyatakan dukungannya terhadap penyelenggaraan "Gayo Alas Mountain International Festival" (GAMIFest), yang akan berlangsung 26 Agustus sampai 24 November 2018.

Ungkapan dukungan tersebut disampaikan dalam pertemuan dengan Panitia Nasional GAMIFest dan kurator Indonesiana di Seladang Cafe, beberapa waktu lalu.

Sadikin Gembel, pendiri dan pemilik Seladang Cafe mengatakan, GAMIFest harus mampu membuka ruang bagi pengembangan kawasan Datatan Tinggi Gayo Alas. "Untuk itu, syarat utamanya adalah komunitas masyarakat harus terlibat aktif dalam kegiatan tersebut," katanya.

(Baca: Nyak Sandang Sudah Jalani Operasi Katarak, Ini Keinginannya Saat Kembali Bisa Melihat dengan Terang)

(Baca: Berusaha Kabur dan Loncat dari Mobil, Tersangka Narkoba Ditembak Mati Personel BNNP Aceh)

(Baca: Soal Prostitusi Online, Bupati Aceh Besar Sudah Periksa CCTV The Pade Hotel, Ini Hasilnya)

Hadir dalam pertemun itu Sertali dari Generasi Linge atau Genali, Ode Renggali dari Komunitas Fotografi dan Videografi, Salman dari Komunitas Peduli Seni Gayo, Zuhri, seniman dan pelaku seni Bener Meriah, serta Khalisuddin dari Komunitas Seni Lintas Gayo.

Pertemuan itu difasilitasi Badan Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Wilayah Aceh-Sumut.

Zuhri mengatakan pihaknya siap mendukung kegiatan GAMIFest, dan harus dilakukan bersama-sama. "Bagaimanapun, ini adalah kegiatan besar yang harus dilaksanakan bersama. Masyarakat tidak jadi penonton saja," ujarnya.

Dukungan serupa disampaikan Salman yang beberapa waktu lalu menyelenggarakan "100 Guel" pertunjukan melibatkan 100 penari guel di Aceh Tengah.

Secara terpisah, komunitas seni Bur Telege Takengon juga menyatakan kesiapan menyukseskan GAMIFest.

"Saya kira ini adalah program terpadu demgan durasi waktu penyelenggaraan sampai tiga bulan, diharapkan sebagai momentum tumpah ruahnya wisatawan ke Tanah Gayo, menikmati keunggilan wiaata Gayo," kata Aman Ega, disainer objek wisata Bur Telege.

GAMIFest diselenggarakan di empat kabupaten Dataran Tinggi Gayo, Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara. Dijadwalkan kegiatan tersebut dibuka Presiden Joko Widodo.(*)

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Safriadi Syahbuddin
Sumber: Serambi Indonesia

Beredar Foto-foto Awal Penemuan Jasad Korban Pembunuhan Sekeluarga di Bekasi, 2 Anak di Kamar

Berita Populer