Kanal

Penyair Fikar W Eda Baca Puisi "Sepiring Mie Aceh, Secangkir Kopi Gayo" di Taman Budaya

Fikar W.Eda dan kelompok Rangkaian Bunga Kopi. - ist

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH -- Penyair Aceh, Fikar W Eda akan tampil dalam konser puisi bertajuk "Sepiring Mie Aceh Secangkir Kopi Gayo Bertalam Giok Nagan" di Taman Budaya Banda Aceh, Sabtu (28/4/2018) malam.

Kegiatan tersebut diselenggarakan Taman Budaya Aceh, merupakan apresiasi sastra yang rutin diselenggarakan Taman Budaya, dalam program "Panggung Maestro."

Di panggung yang sama juga tampil Kelompok Musik Batas pimpinan Rahmad Sanjaya, menggarap dua puisi Fikar W Eda.

Fikar W Eda, penyair produktif yang juga Wartawan Serambi Indonesia Biro Jakarta, tampil bersama kelompoknya Rangkaian Bunga Kopi, terdiri dari Yoppi Andri (pemain biola asal Simeulue), Yoyok Harness, Djarot Efendy (pemain alat musik Sitar dan Gitar dari Bali) dan Jassin Burhan (penggesek cello dari Jakarta).

Baca: Mie Aceh, Puisi, dan Tawar Sedenge Iringi Nabila di Liga Dangdut

Selama ini Rangkaian Bunga Kopi telah berkeliling Aceh dan Indonesia mengkampanyakan kopi Gayo dan Smong Simeulue sebagai kekayaan budaya dan kearifan lokal.

"Kelompok pengelana" ini memiliki riwayat perjalanan unik, pernah mentas di Australia, Jakarta, Bandung, Jogja dan banyak kota penting lainnya, juga di daerah terpencil gunung Singgah Mata, Nagan Raya dan Pasar Sayur Paya Ilang Takengon.

"Saat kami berpuisi dan main musik di Gunung Singgah Mata, sama sekali tak ada penonton. Kami juga pernah main di hutan sunyi Serule Aceh Tengah dan Pasar Paya Ilang yang disaksikan para pedagang sayur. Tak masalah dimanapun kami main," kata Fikar W Eda tentang perjalanan kelompoknya itu.

Kelompok ini juga pernah tampil di kebun kopi rakyat Tanah Gayo, kedai kopi, dan pabrik kopi.

"Kami memberi perhatian kepada kopi, karena dalam kopi terselip kemerdekaan dan kebebasan," kata Fikar lagi.

Halaman
12
Editor: Yusmadi
Sumber: Serambi Indonesia

Sebelum Tewas, Anak Korban Pembunuhan di Bekasi Tulis Surat: Mama Papa Maafin Kakak Sudah Buat Marah

Berita Populer