Kanal

Alihkan VIP Bandara SIM Jadi Terminal Haji dan Umrah

Pesawat Kepresidenan Boeing Business Jett mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blangbintang, 16 April 2014. Pesawat kepresidenan pertama milik Republik Indonesia tersebut melakukan percobaan penerbangan. - SERAMBI INDONESIA / M ANSHAR

SEJAK diresmikan medio Agustus 2016, Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) di Aceh Besar, telah mempunyai fasilitas Terminal VIP yang terletak khusus di sebelah kiri terminal penumpang domestik dan internasional. Terminal tersebut hanya untuk melayani tamu penting seperti Presiden, Wakil Presiden, Menteri, Tamu Negara dan sebagainya yang manfaatnya itu hanya dirasakan oleh kalangan yang sangat terbatas.

Dengan fasilitas yang serba lengkap di terminal yang dibangun dengan dana bersumber dari APBA itu, seharusnya gedung itu bisa dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat. Alangkah bijaknya jika fasilitas gedung tersebut juga bisa digunakan untuk kepentingan rakyat Aceh, supaya masyarakat bisa merasakan manfaatnya.

Untuk itu, Pemerintah Aceh bisa mengalihfungsikan terminal VIP itu menjadi terminal khusus Haji dan Umrah, seperti di Jeddah atau Madinah. Selama ini, jamaah haji atau umrah Aceh harus duduk berserakan di lantai bandara sebelum menuju ruang keberangkatan. Ini tentu perlakuan yang sangat tidak layak diberikan kepada tamu Allah.

Mengingat musim haji yang semakin dekat, yang kemudian dilanjutkan dengan musim umrah, tentunya banyak tamu Allah asal Aceh yang berangkat dari Bandara SIM langsung ke Saudi Arabia. Kita berharap pemerintah Aceh sebagai pembuat keputusan dan pihak Angkasa Pura sebagai pelaksana kegiatan dapat lebih peka mengatasi permasalahan ini. Terima kasih.

Ricky Alfanda
Warga kota Banda Aceh
Email: alfanda_ricky@yahoo.com

Editor: hasyim
Sumber: Serambi Indonesia

Video Detik-detik Harimau Muncul di Pasar hingga Terjebak di Kolong Ruko, Memangsa Kambing dan Ayam

Berita Populer