Kanal

Menolong Saudara

-

Oleh: Jarjani Usman

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amal yang diterima” (HR. Ahmad & Ibnu Majah).

Demikianlah doa Rasulullah SAW yang memohon agar diberi ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amal yang diterima. Bila direnungi, ketiga permintaan Rasul ini bisa terwujud saat ikhlas membantu saudara, seperti orang-orang yang sedang mengalami musibah.

Ilmu yang bermanfaat akan membuat seseorang hamba berubah menjadi lebih baik dan lebih dekat kepada Allah. Dalam keadaan demikian, akan mudah terketuk hatinya tatkala mengetahui sesama hamba Allah sedang mengalami musibah. Tak akan kikir untuk membantu, apalagi itu anjuran Allah.

Rezeki yang baik juga akan mudah dikeluarkan dan digunakan di jalan Allah. Termasuk di antaranya membantu orang-orang yang sedang terkena musibah, yang pahalanya luar biasa jumlahnya.

Demikian juga Amal, yang akan mudah diterima Allah bila sewaktu beramal digunakan harta yang halal. Amal juga akan diterima bila suka memudahkan kehidupan orang-orang yang sedang mengalami kesulitan hidup.

Editor: bakri
Sumber: Serambi Indonesia

Gadis di Sumbar Diperkosa Teman Pacar saat Kelelahan Mendaki Gunung hingga Akhirnya Tewas

Berita Populer