Kanal

Gugur di Jalan Allah

-

Oleh: Jarjani Usman

“Bagi orang syahid di sisi Allah ia beroleh enam perkara, yaitu diampuni dosanya pada awal mengalir darahnya, diperlihatkan tempat duduknya di surga, dilindungi dari azab kubur, aman dari kengerian yang besar (hari kiamat), dipakaikan perhiasan iman, dinikahkan dengan bidadari surga, dan diperkenankan memberi syafaat kepada tujuh puluh orang dari kalangan kerabatnya” (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah, & Ahmad).

Kita umumnya menganggap pahlawan atau syuhada bagi orang-orang yang pernah berjuang melawan penjajah dari luar negeri. Sebenarnya, banyak yang menjadi pahlawan karena telah berjuang memberantas kejahatan di dalam negeri. Seperti seorang aparat keamanan yang siang malam berjuang mati-matian, hingga mengorbankan nyawanya, dalam melawan para pelaku kejahatan.

Orang-orang yang gugur dalam bekerja untuk kebaikan adalah pahlawan. Mereka adalah para syuhada, bila ikhlas berniat untuk memperbaiki negeri dengan karena Allah. Apalagi bila tak ada yang berbuat demikian, negeri dan umat akan binasa.

Sebahagian hamba beruntung karena di saat bekerja untuk kebaikan, diberikan kesempatan beristirahat panjang dengan dicabut nyawanya. Dalam keadaan demikian, pahala syahid insya Allah akan diperoleh.

Seseorang yang memperoleh pahala syahid sama dengan memperoleh anugerah yang luar biasa. Dalam suatu hadits disebutkan, orang yang memperoleh pahala syahid akan menjadi penduduk surga (HR. Muslim).

Karena itu, kita jangan pernah enggan berjuang di jalan Allah, yang tentunya dengan memurnikan atau menjaga kesucian niat. Idealnya, setiap bangun pagi, kita berniat untuk bekerja di jalan Allah.

Editor: bakri
Sumber: Serambi Indonesia

Terekam Kamera Sosok Pria yang Diduga Selingkuhan Angel Lelga, Digerebek Vicky Berduaan di Kamar

Berita Populer