Kanal

Pensiunan Wajib Daftar Digital

HERI SUKMARA, Kepala PT Taspen Banda Aceh -

* Untuk Pengambilan Data Biometrik

BANDA ACEH - PT Taspen (Persero) Cabang Banda Aceh bekerja sama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) sejak awal Agustus 2018 mulai melayani enrollment atau pendaftaran digital bagi pensiunan aparatur sipil negara (ASN) atau lebih dikenal pensiunan PNS. Hingga kemarin, sudah sekitar 1.500 orang melakukan kewajiban ini untuk penerapan sistem otentikasi digitalisasi guna memudahkan pembayaran pensiun nantinya.

Kepala PT Taspen Cabang Banda Aceh, Heri Sukmara, menyampaikan hal ini kepada Serambi, Selasa (28/8). Menurutnya, otentikasi digitalisasi ini diawali enrollment dengan cara mengambil data biometrik setiap peserta berupa sidik jari (finger print), foto wajah (face), dan sampel suara (voice) yang saat ini masih berlangsung di Kantor Taspen Banda Aceh.

“Mulai Sabtu, 1 September 2018, proses enrollment ini juga dilaksanakan di 14 kantor pos mitra bayar dalam wilayah kerja Kantor Taspen Cabang Banda Aceh. Kemudian, mulai 3 September 2018, pelayanan yang sama juga akan dilakukan di 31 bank mitra bayar PT Taspen Banda Aceh,” kata Heri.

Adapun mitra bayar, yaitu kantor pos dan bank di bawah PT Taspen Banda Aceh yang dimaksudkan Heri adalah di Kantor Pos Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Barat, Simeulue, Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Abdya, Aceh Selatan, Pemko Subulussalam, dan Aceh Singkil. Begitu juga 31 bank mitra bayar PT Taspen Cabang Banda Aceh, juga dalam 14 kabupaten/kota itu, selain pensiunan ASN kabupaten/kota dimaksud, pensiunan ASN Provinsi juga berada di bawah PT Taspen Cabang Banda Aceh.

“Nah, batas waktu enrollment ini di setiap bank berbeda-beda, namun maksimalnya 40 hari tergantung banyaknya peserta di bank mitra bayar tersebut. Setiap mitra bayar, sudah kami minta memberitahukan hal ini kepada pensiunan di bawah tanggungjawab mereka. Pemberitahuan untuk enrollment, misalnya setiap pensiunan harus melakukan enrollment di bank atau kantor pos mana, sepertinya sudah dilakukan oleh setiap mitra bayar melalui sms,” jelas Heri.

Heri menyebutkan total pensiunan ASN di bawah Kantor Cabang Taspen Banda Aceh 36 ribu lebih dan targetnya hingga akhir 2018, proses enrollment ini selesai 60 persen, apalagi khusus di Kantor Cabang Taspen Banda Aceh juga tetap dilayani proses ini hingga akhir 2018.

Untuk saat ini, kata Heri, di Sumatera, baru tiga Kantor Cabang yang melayani proses enrollment, yakni Lampung, Medan, dan Banda Aceh. Selanjutnya atau sekitar Oktober 2018, akan diikuti Kantor Cabang Taspen lainnya, termasuk Kantor Cabang Taspen Lhokseumawe yang membawahi pensiunan sembilan kabupaten/kota lainnya di Aceh.

Kepala Cabang Taspen Banda Aceh, Heri Sukmara, menjelaskan setelah proses enrollment itu selesai semua, pensiunan yang selama ini memegang kartu identitas pensiun (Karip) dan setiap sebulan sekali harus melapor ke kantor mitra bayar saat ambil gaji, nantinya Karip manual itu tak ada lagi. Pensiunan juga tak perlu lagi melapor sambil mengambil gaji, melainkan setiap mereka memiliki taspen smartcard yang juga berfungsi sebagai ATM.

“Taspen smartcard kami terbitkan nanti, juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa mereka akses di smartphone. Nah, inilah yang membuat mereka nanti tak perlu lagi ke kantor mitra bayar, karena selama mereka masih hidup, maka data mereka terbaca di aplikasi itu melalui sidik jari, foto wajah, dan sampel suara yang terhubung ke server kami. Sebaliknya, jika pensiunan sudah meninggal, meski secara resmi belum dilapor, maka otomatis segala haknya tak dibayar lagi karena tak terbaca lagi di aplikasi,” jelas Heri.

Heri menambahkan keuntungan lain taspen smartcard ini bisa sebagai pengganti Karip seumur hidup, mendapat diskon belanja di merchant yang bekerja sama, dan mudah transaksi perbankan di semua ATM mitra. (sal)

Editor: bakri
Sumber: Serambi Indonesia

Aldi Novel Adilang Hanyut hingga ke Jepang: Saya Hanya Berdoa, dan Hiu Itu Pergi

Berita Populer