Kanal

Pemuda Nusantara Jelajahi Indonesia

Pemimpin Perusahaan Serambi Indonesia, Mohd Din foto bersama dengan 44 Pemuda Nusantara yang berasar dari 34 Provinsi Se-Indonesia saat berkunjung ke Kantor Harian Serambi Indonesia di Gampong Meunasah Manyang Pagar Air, Ingin Jaya, Aceh Besar, Senin (4/9). SERAMBI/BUDI FATRIA -

* Perjalanan Mulai dari Sabang

BANDA ACEH - Sebanyak 44 Pemuda Nusantara yang berasal dari 34 provinsi se-Indonesia yang merupakan peserta kirab pemuda mulai menjelajahi Indonesia, 5 September hingga 17 November 2018. Perjalanan mereka akan dimulai dari Sabang menuju Jakarta. Di saat bersamaan rombongan kirab pemuda lainnya juga sedang berjalan dari Merauke menuju Jakarta.

Di Aceh, peserta kirab pemuda akan beraktivitas selama tujuh hari, yaitu 3-9 September di Banda Aceh dan Sabang. Agenda di Banda Aceh yaitu jamuan makan malam di Pendapa Gubernur Aceh, wisata religi dan tsunami, seminar di UNI Ar-Raniry. Sedangkan di Sabang peserta akan melakukan deklarasi pemuda, bakti sosial, pawai pemuda kreatif, pentas seni pemuda, festival literasi pemuda serta wisata bahari dan sejarah.

“Di Sabang peserta juga akan melakukan bakti sosial di beberapa sekolah SD, SMP, dan SMA. Serta ikut berpartisipasi membersihkan Pantai Iboih,” ujar Sekretaris Panitia Daerah, El Fakhri.

El Fakhri mengatakan, kirab pemuda ini untuk memberikan semangat persatuan kepada pemuda dan masyarakat Indonesia di provinsi yang mereka kunjungi. Selama 73 hari ke depan mereka akan mengunjungi 17 provinsi di Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, dan Pulau Jawa.

Dikatakan, untuk di Aceh acara puncak akan dilakukan di Sabang, sebagai titik awal penjelajahan mereka dalam melihat Indonesia. Beberapa kegiatan sudah disusun oleh penyelenggara untuk menyemarakkan kirab pemuda ini.

El Fakri menambahkan, para peserta kirab budaya ini sangat beragam, mereka berasal dari provinsi, suku, dan agama yang berbeda. Sehingga dengan perbedaan itu mereka untuk menunjukkan kepada masyarakat Indonesia yang mereka kunjungi, bahwa dengan keberagaman itu mereka dapat bersatu.

Usai semuanya berkumpul di jakarta, mereka akan berangkat ke Bali pada pertengahan November nanti untuk menggelar acara puncak kegiatan tersebut. Semua peserta ditargetkan mampu melewati 100 kabupaten/kota.

Salah satu agenda peserta Kirab Pemuda 2018 yaitu mengunjungi Kantor Harian Serambi Indonesia di Gampong Meunasah Manyang PA, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Senin (4/9). Mereka disambut Pimpinan Perusahaan Serambi Indonesia, Mohd Din dan sejumlah wartawan.

Di Kantor Serambi, mereka berdiskusi mengenai peran media, perkembangan Aceh dari masa konflik hingga pascatsunami. Mereka juga berdiskusi mengenai cara media cetak bertahan di tengah pesatnya gempuran teknologi informasi dan tumbuhnya media online di Indonesia.

Mohd Din kepada para peserta diskusi menjelaskan, serambi indonesia mampu bertahan dan tumbuh di tengah konflik berkepanjangan karena menanamkan kepercayaan dan independensi. Menurutnya, dengan tidak berpihak ke salah satu pihak yang bertikai, maka serambi mendapatkan kepercayaan hingga saat Aceh damai seperti saat ini.

Selain berdiskusi, mereka sempat mengunjungi newsroom, ruang radio Serambi FM, hingga studio Kompas TV Biro Aceh.(mun)

Editor: bakri
Sumber: Serambi Indonesia

Viral Wanita Terobos Rombongan Presiden Jokowi dan Acungkan Jari Tengah, Tabrak Polisi yang Mengawal

Berita Populer