Kanal

Panwaslih Sabang Diadukan ke Bawaslu

Ilustrasi - net

TIDAK terima dibatalkan dari pencalonan anggota DPRK Sabang, Afrizal melaporkan ketua dan anggota Panwaslih Sabang ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Aduan itu disampaikan oleh kuasa hukumnya, Fadjri SH melalui Panwaslih Aceh, Rabu (5/9).

Fadjri menyampaikan bahwa kliennya sangat dirugikan atas putusan Panwaslih. Sebab putusan itu berimbas pada dicoretnya nama Afrizal dari DCS anggota DPRK Sabang oleh KIP setempat. Sebagai pihak yang dirugikan, lanjut Fadjri, Afrizal berhak mengajukan koreksi ke Bawaslu. Meskipun menurut peraturan, koreksi atas putusan Panwaslih hanya bisa dilakukan oleh pemohon bukan termohon.

Sedangkan dalam perkara yang ditanggani Panwaslih Sabang, yang menjadi pemohon adalah PKS dan yang menjadi termohon adalah Afrizal. “Panwaslih telah keliru dalam mempertimbangkan sengketa Pemilu 2019. Padahal semua persyaratan Pak Afrizal telah sesuai dengan PKPU Nomor 20 tahun 2018 sehingga dinyatakan memenuhi syarat oleh KIP Sabang,” katanya.

Sebelumnya, Panwaslih Sabang membatalkan pencalonan Afrizal B sebagai calon anggota DPRK setempat dari Partai Aceh. Keputusan itu disampaikan dalam sidang ajudikasi sengketa Pemilu atas gugatanPartai Keadilan Sejahtera (PKS) Sabang di Kantor Panwaslih tersebut, Selasa (4/9).

“Menetapkan saudara Afrizal B SHi dengan status tidak memenuhi syarat (BMS) sebagai bakal calon anggota DPRK Sabang untuk Pemilu 2019,” baca Ketua Majelis Sidang, Dasrul Naldi didampingi dua anggotanya, Sunarno dan Afriq.(mas)

Editor: hasyim
Sumber: Serambi Indonesia

Gadis di Sumbar Diperkosa Teman Pacar saat Kelelahan Mendaki Gunung hingga Akhirnya Tewas

Berita Populer