Kanal

Sehari Harga Emas Naik Rp 2.000/Gram

Harga emas yang tinggi saat ini dimanfaatkan masyarakat untuk menjualnya di salah satu toko emas di Jalan Tgk Chik Pante Kulu, Banda Aceh, Rabu (15/6). SERAMBI/MAWADDATUL HUSNA -

BANDA ACEH - Dalam sehari harga emas di Banda Aceh naik Rp 2.000/gram. Hal itu karena mata uang rupiah semakin melemah terhadap mata uang dolar Amerika yang hampir Rp 15 ribu. “Kenaikan harga ini terjadi setelah lebaran haji kemarin. Emas lokal batangan hari ini Rp 576 ribu per gram, sementara emas perhiasan Rp 1.900.000 per mayam lain ongkos pembuatan,” sebut Pedagang Emas di Jalan Tgk Chik Pante Kulu, Banda Aceh, Murizal kepada Serambi, Jumat (7/9).

Menurutnya, harga “si kuning” saat ini sangat tidak stabil. Dalam satu hari harganya dapat berubah-ubah yang dipengaruhi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika. “Kadang pagi lain harga, siang nanti sudah lain lagi harganya. Harga emas dunia juga mulai naik, sebab negara India memasuki bulan pernikahan jadi kebutuhan emas makin meningkat,” jelasnya yang menambahkan harga emas naik sebesar Rp 50 ribu dalam per mayamnya.

Dikatakan, bulan nikah di India mulai September hingga Desember dan pada bulan tersebut harga emas akan mengalami kenaikan. Sementara untuk transaksi yang terjadi berimbang antara yang membeli dan menjual dengan perbandingan 50:50. “Menurut kebutuhan masing-masing ada yang beli untuk investasi, dan ada yang jual untuk kebutuhan sehari-hari,” kata Murizal. (una)

Editor: hasyim
Sumber: Serambi Indonesia

Satu Keluarga di Bekasi Tewas, Tetangga Dengar Korban Telepon Bahas Uang dan Mobil dengan Nada Keras

Berita Populer