Kanal

Upaya PAN Loloskan Buhari Kandas Lagi

ABHAN, Ketua Bawaslu RI -

* Bawaslu Tolak Permohonan Koreksi
* Bacaleg DPRA yang tak Lulus Uji Baca Alquran

BANDA ACEH - Upaya Partai Amanat Nasional (PAN) Aceh untuk meloloskan kadernya, Buhari Selian sebagai bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRA kembali kandas. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menolak permohonan koreksi yang diajukan partai tersebut.

PAN Aceh mengajukan permohonan koreksi atas keputusan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh yang menyatakan Buhari Selian tidak memenuhi syarat sebagai caleg pada Pemilu 2019, karena tidak lulus uji baca Alquran. Namun Bawaslu dalam putusannya, justru menguatkan putusan Panwaslih Aceh yang sebelumnya menolak gugatan itu.

“Menolak permohonan koreksi pemohon,” demikian bunyi putusan yang dibacakan Ketua Bawaslu RI, Abhan bersama anggota, Rahmat Bagja, Mochammad Afifuddin, Ratna Dewi Pettalolo, dan Frizt Edwar Siregar, Selasa (4/9).

Dari salinan putusan yang diperoleh Serambi dari Panwaslih Aceh, Sabtu (8/9, Bawaslu dalam pertimbangannya menyatakan bahwa putusan Panwaslih Aceh telah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Menurut Bawaslu, majelis ajudikasi dalam putusannya telah menerapkan peraturan perundang-undangan dengan tepat dan benar.

“Menimbang bahwa berdasarkan perimbangan tesebut di atas, putusan Panwaslih Aceh a quo tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, karenanya Permohonan Koreksi tersebut harus ditolak,” bunyi salah satu pertimbangan Bawaslu. Putusan ini bersifat mengikat dan final.

Untuk diketahui, Panwaslih Aceh melalui putusannya nomor 002/PS/Bawaslu-Prov.Ac/VIII/2018 tertanggal 31 Agustus 2018 menolak gugatan DPW PAN Aceh terkait keputusan KIP Aceh yang menyatakan Buhari Selian tidak lulus uji baca Alquran. PAN menggugat KIP Aceh karena tidak menerima kadernya tidak diloloskan.

“Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya,” baca pimpinan sidang, Zuraida Alwi didampingi Faizah, Marini, dan Fahrul Rizha Yusuf dalam sidang yang digelar di kantor lembaga pengawas itu.

Zuraida menyampaikan bahwa tim uji mampu baca Alquran KIP Aceh telah bekerja independen dan memiliki kompetensi untuk menguji dan menilai kemampuan balon anggota DPRA. Tim uji bekerja dengan berpedoman pada Keputusan KPU RI Nomor : 869/PL.01.4-Kpt/03/KPU/VII/2018 tentang Petunjuk Teknis Uji Mampu Baca Alquran Bakal Calon Anggota DPRA dan DPRK.

Dari bukti rekaman video Buhari Selian mengaji saat mengikuti uji baca Alquran 18 Juli lalu yang disampaikan KIP Aceh selaku Termohon menunjukan bahwa Buhari Selian hanya mampu secara jelas membaca ta’awudz (au’zubillah) dan basmallah. “Selebihnya saksi I (Buhari Selian) membaca dengan terbata-bata dan suara yang kurang jelas,” urai Zuraida

Selain memutuskan Permohonan Koreksi yang diajukan oleh DPW PAN Aceh, Bawaslu RI juga telah memutuskan Permohonan Koreksi yang diajukan oleh bakal calon anggota DPRK Sabang dari Partai Aceh, Afrizal Bakri SHi pada Jumat (7/9). Bawaslu juga menolak permohonan Afrizal.

Bawaslu dalam pertimbangnnya menyatakan bahwa permohonan itu tidak bisa diproses karena Afrizal tidak memiliki legal standing dalam perkara itu. Dalam undang-undang diatur, yang bisa mengajukan permohonan koreksi adalah pemohon dari sebuah gugatan.

Sementara Afrizal merupakan Termohon dalam kasus gugatan yang diajukan DPD Partai Kesatuan Sejahtera (PKS) Sabang selaku Pemohon. Sebelumnya PKS menggugat KIP Sabang ke Panwaslih setempat karena telah menyatakan Afrizal memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu dengan masuk daftar calon sementara (DCS).

Padahal, Afrizal yang merupakan kader PKS namun maju pada Pemilu 2019 lewat Partai Aceh belum mengundurkan diri dari jabatan Wakil Ketua DPRK Sabang dan belum mundur dari partai lamanya. Hal itu melanggar PKPU Nomor 20 Tahun 2018 sehingga Afrizal dibatalkan dari pencalonannya yang kedua kali.

Saat ini KIP Sabang juga telah mencoret Afrizal dari DCS sebagai tindak lanjut pelaksanaan dari putusan Panwaslih Sabang. Menyambut putusan itu, PKS Sabang juga telah mengusulkan pergantian antarwaktu (PAW) terhadap Afrizal seusai KIP setempat mengeluarkan DCS perubahan.(mas)

Editor: bakri
Sumber: Serambi Indonesia

Kronologi Anggota The Jak Mania Tewas Dikeroyok Oknum Suporter Persib, sempat Minta Tolong

Berita Populer