Kanal

LKPPL Ingatkan Pentingnya Kearifan Lokal dalam Membangun Aceh

Lembaga Kajian Pembangunan, Pertanian, dan Lingkungan (LKPPL), Senin (10/9/2018) menggelar seminar Pembangunan Berbasis Kearifan Lokal, yang berlangsung di Aula Bappeda Aceh, Banda Aceh -

Laporan Yocerizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Lembaga Kajian Pembangunan, Pertanian, dan Lingkungan (LKPPL), Senin (10/9/2018) menggelar seminar Pembangunan Berbasis Kearifan Lokal, yang berlangsung di Aula Bappeda Aceh, Banda Aceh.

Ketua LKPPL, Dr Muhammad Yasar STP MSc mengatakan, kearifan lokal sebenarnya memiliki peranan penting dalam pembangunan berkelanjutan. Hanya saja peranannya masih kurang diperhatikan.

"Dalam konsep pembangunan berkelanjutan, kearifan lokal menjadi hal penting dari segi aspek sosial dan budaya," kata Yasar kepada Serambinews.com.

Baca: Jadi Camat Banda Raya, Reza Kamilin Ingin Sukseskan MTQ, Ini Pejabat Eselon III Banda Aceh Lainnya

Terlebih lagi di Aceh. Kearifan lokal, disebutkan Yasar, mencakup segala aspek kehidupan, mulai dari aspek budaya, politik, pemerintahan, ekonomi, sosial, kemasyarakatan, ibadah, muamalah, pendidikan, konservasi alam, lingkungan dan lainnya.

"Karena itu, kearifan lokal tersebut harus dipelihara, dilestarikan dan diterapkan sebagai norma kehidupan," tanbah dia.

Oleh sebab itu, kegiatan seminar tersebut ia pandang penting dan strategis karena mampu menggali dan
menghimpun konsep pembangunan berbasis kultural secara komprehensif.

Baca: VIDEO - Polresta Banda Aceh Amankan 5.000 Pil Ekstasi

Sementara itu, Ketua Panitia, Diswandi menyebutkan, seminar tersebut dihadiri sekitar 200 peserta, antara lain dari unsur dosen dari berbagai perguruan tinggi di Aceh, mahasiswa, dinas dan instansi terkait, praktisi, dan Pertamina selaku sponsor utama.

Acara ini ia sebutkan diselenggarakan oleh LKPPL bekerja sama dengan Pertamina EP Asset I Field Rantau, Prodi Teknik Pertanian Unsyiah, Prodi Teknik Lingkungan UIN Ar Raniry, Politeknik Aceh Selatan, Masika ICMI Aceh dan Ikatan Alumni Universiti Kebangsaan Malaysia (IKA UKM) Chapter Aceh.(*)

Penulis: Yocerizal
Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Serambi Indonesia

Video Viral Jokowi Hormat Sendiri saat Indonesia Raya Berkumandang, Begini Menurut Undang-undang

Berita Populer