Kanal

Hari Nasional Catalonia Diwarnai Unjuk Rasa Tuntut Kemerdekaan, Massa Bentangkan Bendera Raksasa

Warga memenuhi jalan sambil membentangkan bendera Catalonia raksasa untuk unjuk rasa menuntut kemerdekaan pada peringatan Hari Nasional Catalonia Diada, Selasa (11/9/2018). (AFP/Roser Vilallonga/Catalan National Assembly) -

SERAMBINEWS.COM, BARCELONA - Sekitar 1 juta warga tumpah ruah memenuhi jalan di Barcelona pada Selasa (11/9/2018) untuk menunjukkan dukungan bagi kemerdekaan Catalonia.

Upaya itu dilakukan setelah hampir satu tahun gagal melepaskan diri dari Spanyol.

AFP mengabarkan, mereka menabuh drum dan meniup peluit dengan balutan kaus berwarna merah. Banyak juga warga yang terlihat mengibarkan bendera Catalonia.

Mengawali demonstrasi, mereka merobohkan dinding sebagai simbol kekuatan rakyat untuk mengatasi rintangan dan mencapai kemerdekaan.

Aksi mereka sekaligus digelar bertepatan hari nasional Catalonia, yang merupakan peringatan jatuhnya Barcelona ke pasukan yang setia kepada Raja Philip V dari Spanyol pada 1714.

Hari libur tahunan bernama Diada ini sejak 2012 dimanfaatkan untuk mengelar unjuk rasa besar-besaran, menyerukan pemisahan kawasan timur laut kaya yang memiliki bahasa berbeda itu.

Para demonstran membentuk menari manusia, sebuah tradisi di Catalonia.

Baca: Istri Harap Berhati-hati, Hotman Paris Bongkar Jam Selingkuh Para Suami

Baca: Usut Kasus PSK, Polisi Bergerak ke Imigrasi Medan dan Karimun

Sementara, yang lain kertas bertuliskan "Bebaskan tahanan politik Catalonia sekarang".

Tulisan itu merujuk pada penahanan pemimpin separatis Catalonia yang kini dipenjara, menunggu sidang atas referendum kemerdekaan tahun lalu.

"Kami menuntut hak kami untuk menjadi negara, dengan cara yang demokratis dan damai," kata Roger Pujol, seorang produser minyak zaitun yang ikut berunjuk rasa.

Presiden Catalonia Quim Torra mengatakan, unjuk rasa tersebut merupakan kesempatan untuk melanjutkan kampanye referendum pemisahan dari Spanyol.

"Pemerintahan kami telah berkomitmen untuk membuat republik menjadi kenyataan," katanya, seperti dikutip dari The Independent.

"Hidup Catalonia yang bebas," imbuhnya.

Torra menggantikan pendahulunya, Carles Puigdemont, yang sempat mengasingkan diri setelah Spanyol bertindak guna menanggapi referendum kemerdekaan.(*)

Baca: Kerajaan Arab Saudi Sumbang Rp 9,2 Triliun ke Rekening Koruptor Malaysia Najib Razak

Baca: Rupiah Bertahan di Level Rp 14.863 Per Dollar AS, Lelang Surat Utang Negara tak Banyak Membantu

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Nasional Catalonia Diwarnai Unjuk Rasa Tuntut Kemerdekaan"

Editor: faisal
Sumber: Kompas.com

Jelang Pernikahan Mantan, Pria di Kalimantan Tengah Mengamuk Bunuh Bibi dan Ibu Kandungnya

Berita Populer