Kanal

Keluhkan Sakit Perut Parah, Kru Kapal Asing Dievakuasi ke RS Harapan Bunda dari Tengah Laut

Arcellana Antonio Caranza (baju abu-abu) saat diperiksa oleh petugas medis, Rabu (12/9/2018). - ist

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Arcellana Antonio Caranza (46), pria asal Filipina yang bekerja sebagai kru kapal MV Pacific Coral, harus dievakuasi dari tengah laut oleh otoritas Pelabuhan Ulee Lheue ke Rumah Sakit Harapan Bunda, Banda Aceh, Rabu (12/9/2018) pagi.

Pasalnya, kru kapal asing berbendera Hong Kong itu mengalami sakit perut parah saat kapal berlayar di Selat Benggala.

Pihak MV Pacific Coral sebelumnya menelepon Basarnas untuk meminta pertolongan medis.

Hal itu diungkapkan Koordinator Wilayah Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan Ulee Lheue, Fery Irawan SKm kepada Serambinews.com, Rabu (12/9/2018).

Baca: Tiga Kapal Asing Ditenggelamkan

Pihaknya mendapat informasi dari Basarnas bahwa seorang kru MV Pacific Coral mengeluhkan nyeri parah di bawah perutnya sekitar pukul 8.30 WIB.

“Lalu kami bersama SAR dan KKP datang ke lokasi untuk mengevakuasi korban, sekaligus memastikan itu bukan penyakit menular,” ujarnya, dan menyebut tim bersama korban kembali ke Pelabuhan Ulee Lheue sekitar pukul 12 siang. 

Seusai mengevakuasi pria Filipina itu, lanjut Fery, pihaknya lalu mengantarkan korban ke Rumah Sakit Harapan Bunda Banda Aceh.

“Hasil diagnosis dokter, pria tersebut mengalami Urolithiasis atau gangguan akibat batu di saluran kemih. Ini bukan penyakit menular,” katanya lagi.

Baca: Petugas Periksa Sejumlah Warga Asing di Banda Aceh

Fery menambahkan, MV Pacific Coral yang merupakan kapal jenis kargo asal Singapura itu lalu melanjutkan perjalanannya ke Brazil.

Sementara Arcellana Antonio Caranza tetap dirawat intensif di Banda Aceh. 

“Perkembangan kesehatan pasien akan terus kami kirimkan ke MV Pacific Coral. Bila nanti sudah sembuh, pria Filipina ini akan diberangkatkan ke Brazil,” jelasnya. (*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Yusmadi
Sumber: Serambi Indonesia

Viral Wanita Terobos Rombongan Presiden Jokowi dan Acungkan Jari Tengah, Tabrak Polisi yang Mengawal

Berita Populer